Kamis, 25/04/2024 22:57 WIB

Tinju Indonesia Hanya Kebagian Dua Perak dan Empat Perunggu

Dua medali perak Indonesia disumbangkan Mario Blasius Kali dan Grece Savon Simangunsong

Ilustrasi Petinju

Jakarta - Tim Tinju Indonesia hanya kebagian dua perak dan empat perunggu pada Tinju Invitation Tournament Asian Games 2018 yang berakhir di Hall C Ji-Expo Kemayoran Jakarta, Kamis (15/2). 

Sementara itu, Tim India merebut gelar juara umum dengan meraih lima emas, satu perak dan empat perunggu. Dan, Thailand sebagai runner up dengan tiga emas, dua perak dan tiga perunggu. 

Dua medali perak Indonesia disumbangkan Mario Blasius Kali dan Grece Savon Simangunsong. Sedangkan empat medali perunggu masing-masing diraih Aldriyani Beatrix Sugoro (Terbang 51kg), Maulina Novizar (Ringan 60kg), Matius Mandiangan (Ringan 60kg), dan Libertus Gha (Welter Ringan 64kg). 

Dalam pertandingan final, Kamis (15/2), Maria Blasius Kali yang turun di kelas Layang (49kg) gagal memenuhi ambisinya merebut medali emas. Ia harus mengakui ketangguhan petinju India, Shyam Kumar Kakara. "Saya sudah mencoba memaksa lawan bermain dalam jarak pendek tetapi tidak berhasil. Penampilan lawan memang lebih bagus dari saya," kata Mario yang ditemui usai pertandingan.

Kegagalan juga dialami Grece Savon Simangunsong yang turun di kelas Welter 69kg. Putra mantan petinju nasional Hendrik Simangunsong ini tidak mampu melayani permainan cepat petinju senior Thailand, Ardee Saylom. 

"Saya sudah berusaha maksimal untuk mengantisipasi serangan cepatnya tetapi belum membuahkan hasil. Kekalahan ini menjadi pelajaran berharga bagi saya untuk lebih giat lagi berlatih sehingga bisa mencapai prestasi lebih baik lagi," kata Savon yang tercatat sebagai mahasiswa semeseter delapan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (Unimed). 

Yang mengejutkan juara Youth World Boxing Chamoionship 2017, Chopra Shashi gagal memenuhi ambisi meraih medali emas. Dalam pertandingan final kelas bulu (57kg), Chopra dikalahkan Saoto Ratchadaporn (Thailand). 

"Saya tidak kalah karena banyak pukulan yang saya lontarkan meraih poin. Teman-teman dan pelatih juga tahu saya dikalahkan keputusan wasit," katanya. 

KEYWORD :

Tinju Asian Games




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :