Kamis, 25/04/2024 02:15 WIB

Peneliti Temukan Konsumi Jus Buah Tingkatkan Berat Badan

Ternyata meningkatkan komsumsi buah utuh dengan satu porsi sehari dapat menghilangkan berat badan sekitar satu pon selama tiga tahun.

Aneka buah untuk jus

Jakarta - Mengkonsumsi segelas kecil jus buah setiap hari menamba berat badan. Hal itu sama, jika seseorang minum soda manis dalam jumlah yang sama setiap hari.

Kabar baiknya, ternyata meningkatkan komsumsi buah utuh dengan satu porsi sehari dapat menghilangkan berat badan sekitar satu pon selama tiga tahun.

Dr. Brandon Auerbach, seorang dokter di Virginia Mason Medical Center di Seattle mengatakan, mengkomsumsi jus mendorong kenaikan berat badan rata-rata sekitar setengah pon selama tiga tahun.

Jus buah murni mengandung antara 15 dan 30 gram gula, dan 60 hingga 120 kalori. Walupun, buah utuh, kata Auerbach juga mengandung gula, tapi gula itu tersimpan di dalam ampas buah dan seratnya, kata Auerbach. Bahkan jus jeruk tinggi 100 persen tidak merupakan sumber serat yang signifikan.

"Tanpa menambahkan serat, gula dalam jus buah menghantam aliran darah Anda jauh lebih cepat, mendorong sentakan insulin yang mengubah metabolisme Anda," kata Auerbach.

"Jus buah memang memiliki vitamin dan mineral yang sama seperti buah utuh, tapi seratnya hampir tidak ada," katanya. "Gula dalam jus buah terserap dengan sangat cepat, dan kami pikir itu sebabnya tindakan itu berbeda di tubuh."

Laporan baru ini meneliti lebih dari 49.000 wanita Amerika pasca menopause yang merupakan bagian dari Women`s Health Initiative, sebuah studi kesehatan nasional, antara tahun 1993 dan 1998. Penelitan menemukan,  lebih dari 3 pound selama tiga tahun masa tindak lanjut.

Hal senada disampaikan, Dr. Reshmi Srinath, jus buah manis merupakan faktor penyebab obesitas . Namun sulit untuk menyebutnya sebagai satu-satunya yang menjadi faktor kenaikan berat badan

"Umumnya, hubungannya dengan pola makan sehat dan gaya hidup sehat," kata Srinath, asisten profesor endokrinologi, diabetes dan penyakit tulang di Icahn Medicine Medicine di New York City.

"Mereka yang makan lebih banyak buah segar umumnya memiliki gaya hidup sehat atau lebih aktif daripada mereka yang minum jus," tambah Srinath.

Baik Srinath dan Auerbach sepakat bahwa ibu harus membatasi jus buah anak-anak, dan menyarankan sepotong buah utuh pada makan siang mereka. "Saya meminta untuk membatasi  konsumsi jus, dari masa kanak-kanak, karena pola itu bisa berlanjut sampai dewasa," kata Srinath.

KEYWORD :

Jus Berat Badan Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :