Jum'at, 19/10/2018 02:49 WIB

Perempuan Asal Oregon Ini Diserang Cacing Mata

Empat belas cacing mungil dikeluarkan dari mata kiri wanita berusia yang 26 tahun itu pada Agustus 2016.

Thelazia gulosa, adalah sejenis cacing mata (Foto: Reuters)

New York - Seorang wanita asal Oregon yang dikeluarkan cacing dari matanya disebut kasus manusia pertama yang diketahui dari infeksi parasit yang disebarkan oleh lalat.

Empat belas cacing mungil dikeluarkan dari mata kiri wanita berusia yang 26 tahun itu pada Agustus 2016. Para ilmuwan baru melaporkan kasus tersebut pada Senin (12/2) waktu setempat.

Wanita tersebut didiagnosis pada Agustus 2016 mengidap penyakit thelazia gulosa, sejenis cacing mata yang ada di Amerika Serikat bagian utara dan selatan Kanada tetapi hanya pada ternak.

Wanita itu sebelumnya menunggang kuda di Gold Beach, Oregon, di daerah peternakan sapi. Setelah seminggu mengalami iritasi mata, ia menarik cacing dari matanya. Lebih dari dua minggu, dokter melepas 13 lagi. Saat itu, ia sembuh. Kejadian ini dilaporan dan dipublikasikan di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene

Untuk diketahaui, thelazia sering disebut "cacing mata". Penyakit ini biasanya ditemukan di kelopak mata, kelenjar air mata, saluran air mata, atau kelopak mata ketiga" (nictitating membrane) orang dewas.

Kadang-kadang, mereka ditemukan di bola mata itu sendiri, baik di bawah konjungtiva (membran yang menutupi bagian putih mata) atau di rongga bola mata vitreous. Semua spesies Thelazia yang siklus hidupnya diteliti ditularkan oleh spesies Diptera (lalat) yang tidak menggigit, tapi mengisap air mata.

TAGS : Cacing Mata Oregon Amerika Serikat




TERPOPULER :