Kamis, 25/04/2024 19:00 WIB

Arkeolog Temukan Mosaik Romawi Kuno di Israel

Arkeolog percaya, bangunan mewah itu adalah bagian dari sebuah agora. Yakni tempat berkumpul untuk acara belanja, sosialisasi dan budaya.

Arkeolog Uzi Ad kanan (Foto: Debbie Hill)

Jakarta - Arkeolog di Israel menemukan sebuah mosaik Romawi kuno yang diperkirakan bakas peninggalan abad kedua atau ketiga Masehi.

Mosaik ini merupakan prasasti Yunani dan merupakan bagian dari bangunan kuno yang dibangun pada masa Bizantium. Jenazah bangunan dan mosaik yang terawat baik ditemukan selama persiapan pembangunan pejalan kaki di dekat pintu masuk jembatan ke Taman Nasional Caesarea di barat laut Israel.

Arkeolog percaya, bangunan mewah itu adalah bagian dari sebuah agora. Yakni sebuah tempat berkumpul untuk acara belanja, sosialisasi dan budaya.

Mosaik 3,5 hinggA 8 meter ini memiliki tiga angka, pria memakai toga, dan pola geometris tradisional multikolor. Diketahui prasasti Yunani ini rusak akibat konstruksi yang dibangun di atasnya.

Siapa tokoh dalam mosaik?

"Itu tergantung pada apa bangunan itu digunakan,  tap belum jelas," Peter Gendelman dan Uzi Ad, direktur penggalian Otoritas Barang Antik Israel, mengatakan dalam sebuah siaran pers.

"Jika mosaik itu adalah bagian dari rumah besar, mungkin pemiliknya adalah nama tokoh di mosaik itu. Jika ini adalah bangunan umum, mereka mungkin mewakili donor mosaik atau anggota dewan kota."

Mosaik dengan kualitas artistik tinggi jarang terjadi. Mosaik serupa ditemukan di Turki. Angka dan pola itu dibuat dengan susunan batu-batu kecil, sekitar 12.000 batu per meter persegi.

Para Arkeolog bekerja sama dengan perusahaan pengembang yang bertanggung jawab atas pembangunan pejalan kaki untuk memastikan pelestarian mosaik.

"Saya menyambut kerja sama yang menguntungkan antara semua lembaga yang bertanggung jawab atas pekerjaan indah di Kaisarea," kata Israel Hasson, direktur Otoritas Barang Antik Israel.

"Bekerja selama beberapa tahun terakhir akan membuat warisan kota yang megah ini dapat diakses oleh masyarakat lebih luas dan mengembalikan Kaisarea ke masa kejayaannya sebagai kota pelabuhan yang berkembang dan kosmopolitan, yang memberi penghargaan kepada semua pengunjung dengan pengalaman budaya yang kaya."

KEYWORD :

Arkeolog Mosaik Romawi Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :