Kamis, 18/04/2024 14:09 WIB

Benarkah Kopi Menyebabkan Kanker?

Akrilamida hadir pada beberapa jenis makanan yang dimasak, begitu pula asap rokok.

Ilustrasi kopi (foto: Live Science)

Jakarta - Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa secangkir kopi ternyata mengandung akrilamida, yakni zat kimia pemicu kanker.

Akrilamida hadir pada beberapa jenis makanan yang dimasak, begitu pula asap rokok. Zat kimia itu terbentuk ketika makanan dipanaskan dalam suhu tinggi.

Dilansir dari Live Science, akrilamida umumnya digunakan oleh industri tertentu untuk membuat kopolimer poliakrilamida dan akrilamida, yaitu semacama zat yang digunakan untuk memperoduksi kertas, pewarna dan plasti.

Zat akrilamida ini juga digunakan untuk memisahkan air minum dan air limbah menurut National Cancer Institute (NCI).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akrilamida dapat meningkatkan risiko kanker pada manusia. Namun ketahanan tubuh masing-masing orang dalam menerima akrilamida berbeda satu sama lain.

Cara kerjanya, saat akrilamida masuk ke dalam tubuh, zat itu berubah menjadi glycidamide, yaitu senyawa yang menyebabkan mutasi dan kerusakan pada DNA, menurut NCI.

Akrilamida terdaftar sebagai pemicu kanker dalam Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), agen kesehatan yang berada di bawah WHO. Karena itulah, kelompok nirlaba Council for Education and Research on Toxic menggugat beberapa perusahaan kopi termasuk Starbucks, 7-ELeven dan BP.

KEYWORD :

Kesehatan Kopi Kanker Sains




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :