Kamis, 25/04/2024 08:01 WIB

SpaceX Luncurkan Roket Terkuat di Dunia

Roket paling kuat berikutnya, Delta IV Heavy, bisa menghabiskan setengahnya di orbit dan memiliki empat kali lipat harganya.

Detik-detik peluncuran Rocket SpaceX

Jakarta - Perusahaan transportasi luar angkasa Amerika Serikat, SpaceX berhasil meluncurkan roket terkuat di dunia, pada Selasa (06/02) dari Cape Canaveral ke luar angkasa. Roket berkekuatan 18 jet jumbo diberi nama Falcon Heavy dan memiliki 27 mesin pemancar.

Dalam peluncuran tersebut, Falcon Heavy juga membawa sebuah mobil ke orbit yang bisa bertahan selama satu miliar tahun. Mobil tersebut merupakan milik Elon Musk, sang pendiri SpaceX.

Jika bertahan dari lingkungan ruang yang keras, SpaceX berharap akan memasuki orbit Bumi-Mars mengelilingi matahari.

Menurut Musk, Falcon Heavy berukuran 70 meter cukup kuat untuk membawa muatan 64 metrik ton - dua kali lipat dari saingan terdekatnya - dan karena penguat yang dapat digunakan kembali juga jauh lebih murah sekitar 90 juta dollar per peluncuran.

Roket paling kuat berikutnya, Delta IV Heavy, bisa menghabiskan setengahnya di orbit dan memiliki empat kali lipat harganya.

“Ini mungkin roket paling kuat yang ada, tapi ini bukan yang paling kuat yang pernah ada. Saturnus V, yang membawa astronot ke bulan, bisa menangani muatan lebih banyak, begitu pula era Soviet Energia,” ujar Musk dilansir Sky News.

Roket SpaceX telah dipesan untuk meluncurkan beberapa satelit komunikasi besar dan muatan uji untuk Angkatan Udara Amerika Serikat.

Tapi Elon Musk berencana untuk melangkah lebih jauh, pada akhir tahun dia ingin mengirim dua penumpang yang membayar untuk terbang di sekitar bulan.

KEYWORD :

Roket SpaceX Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :