Sabtu, 20/04/2024 04:48 WIB

Hati-hati! Ini Bahaya Terlalu Lama Tidur

Waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa antara 7 sampai 9 jam.

ilustrasi tidur

Jakarta - Apapun yang dilakukan berlebihan tentu akan menimbulkan efek negatif, termasuk tidur lebih lama. Pasalnya, tak hanya akan mengganggu produktivitas seseorang, namun juga berefek pada gangguan kesehatan.

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung pada usia, aktivitas sehari-hari, gaya hidup, serta kondisi kesehatan.

Waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa antara 7 sampai 9 jam, sedangkan lanjut usia (lansia) membutuhkan waktu tidur ideal sekitar 7 hingga 8 jam. Meski demikian, kebutuhan tidur bisa berubah, tergantung seberapa baik kualitas tidur.

Seseorang dikatakan tidur terlalu lama jika memiliki waktu tidur lebih dari kebutuhan tidur ideal, sering kesulitan bangun pada pagi hari, sering mengantuk saat aktivitas, atau tetap merasa mengantuk setelah tidur siang.

Jika terjadi terus menerus terus maka tentu itu akan mengganggu kesehatan seseorang. Berikut beberapa bahaya menjalani tidur lebih lama:

Sakit kepala
Sering tidur terlalu lama pada siang hari sehingga sulit tidur pada malam hari, akan membuat seseorang mengalami sakit kepala pada keesokan harinya. Hal ini terjadi karena tidur terlalu lama dapat memengaruhi kerja senyawa kimia di otak.

Obesitas
Penelitian mengungkap, orang yang biasa tidur lebih lama atau sekitar 9 – 10 jam pada malam hari cenderung akan mengalami obesitas dibanding orang-orang dengan jam tidur yang normal. Hal serupa juga dapat terjadi pada kondisi kurang tidur.

Diabetes
Tidur terlalu lama atau sebaliknya terlalu sedikit, berpengaruh pada peningkatan risiko diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering tidur terlalu lama atau kurang tidur, lebih berisiko mengalami gangguan dalam pengaturan kadar gula darah.

Gangguan mental
Depresi dan gangguan tidur seperti insomnia memiliki hubungan yang erat. Namun, sebanyak 15% penderita depresi juga mengalami masalah tidur terlalu lama. Tidur terlalu lama lebih sering terjadi pada penderita depresi dari usia dewasa muda atau mereka yang memiliki gangguan bipolar. Selain itu, tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan gangguan memori, kecemasan, dan mudah lelah.

Penyakit jantung
Berdasarkan hasil penelitian, wanita yang memiliki kebiasaan tidur antara 9 sampai 11 jam setiap malam lebih berisiko terkena penyakit jantung dibanding wanita yang biasa tidur selama 8 jam setiap malam. Tidur terlalu lama dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, hal inilah yang membuat seseorang yang sering tidur terlalu lama menjadi lebih rentan sakit.

Sakit punggung
Bahaya tidur terlalu lama dengan posisi telentang bisa menyebabkan sakit punggung. Untuk mengurangi rasa sakit itu, dokter menyarankan agar mengurangi kelebihan jam tidur atau mulai membiasakan tidur secara teratur dengan jumlah jam tidur yang normal.

KEYWORD :

Tips Kesehatan Tidur Lama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :