Sabtu, 20/04/2024 08:13 WIB

Wow, Astronot Temukan Planet di Luar Bima Sakti

Microlensing sendiri merupakan Teknik merupakan metode yang dikenal mampu mengidentifikasi planet pada jarak jarak jauh.

Ilustrasi Tata Surya

Jakarta - Setelah sebelumnya para ilmuan mendeteksi planet-planet di dalam galaksi Bima Sakti. Kali ini untuk pertama kalinya mereka menemukan planet di luar Bima Sakti.

Dengan menggunakan teleskop di Observatorium X-ray Chandra NASA dan teknik pengamatan yang disebut microlensing, para ilmuwan di University of Oklahoma menemukan exoplanets di dalam galaksi yang jauh.

"Kami sangat gembira dengan penemuan ini. Ini adalah pertama kalinya seseorang menemukan planet di luar galaksi kita," kata astronom Xinyu Dai dalam sebuah pernyataan.

"Planet kecil ini adalah terbaik yang kami amati dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik microlensing. Kami menganalisis frekuensi dengan tanda yang tinggi dengan memodelkan data untuk menentukan massa," sambungnya.

Microlensing sendiri merupakan Teknik merupakan metode yang dikenal mampu mengidentifikasi planet pada jarak jarak jauh. Ia adalah efek pembesar yang disebabkan oleh pengaruh gravitasi dari objek perantara. Karena cahaya dari benda-benda jauh melewati benda dalam perjalanan ke Bumi, fenomena gravitasi memperbesar cahaya yang jauh.

"Ini adalah contoh seberapa kuat teknik analisis microlensing extragalactic," kata peneliti postdoctoral Eduardo Guerras yang dipublikasina melalui Astrophysical Journal Letters.

"Galaksi yang seukuran sekecil Bumi hingga sebesar Jupiter ini terletak 3,8 miliar tahun cahaya jauhnya, dan tidak ada sedikit pun kemungkinan untuk mengamati planet-planet ini secara langsung, bahkan dengan teleskop terbaik yang bisa dibayangkan dalam skenario fiksi ilmiah," kata Guerras.

"Namun, kami bisa mempelajarinya, mengungkap kehadiran mereka dan bahkan memiliki gagasan tentang massa mereka. Ilmunya sangat keren," lanjutnya, dilansir dari UPI, Senin (5/2).

KEYWORD :

Bima Sakti Planet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :