Jum'at, 26/04/2024 04:33 WIB

Pengusaha China Ditawari Bikin Pabrik di Indonesia

Dengan tujuan memproduksi produk setengah jadi (semi finished product) atau produk jadi (finished product).

Ilustrasi pabrik

Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta berharap pengusaha asal China berinvestasi di Indonesia. Tidak hanya sebatas membeli barang baku, melainkan juga ikut membangun pabrik, dengan tujuan memproduksi produk setengah jadi (semi finished product) atau produk jadi (finished product).

Selain itu, Osman Sapta juga menginginkan adanya transfer keahlian dan teknologi dari pengusaha China kepada tenaga kerja Indonesia.

“Dan kita mengharapkan skill-skill dan teknologi dari China betul-betul ditransfer ke Indonesia. Saya yakin hubungan kita akan lebih baik dan tingkatan ekonomi kita akan meningkat bersama-sama,” ujar Oesman saat menerima audiensi dari Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia Xiao Qian, Senin (5/2) di Jakarta.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSP) DPD RI Bahar Ngitung berharap peningkatan hubungan bilateral dengan RRT juga meliputi kerja sama parlemen. Diplomasi antar parlemen dilakukan tidak hanya bidang politik tapi juga sosial budaya.

“Kami merupakan wakil daerah dari setiap provinsi di Indonesia yang bisa menjembatani hubungan antara provinsi dengan Tiongkok. Oleh karena itu, kami berharap ada waktu tertentu untuk pertemuan antara parlemen Tiongkok dengan DPD RI. Bila perlu kita membuat sebuah MoU,” ucapnya.

Sementara itu, Xiao Qian mengatakan kerjasama antara Indonesia terus meningkat setiap tahunnya di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan, ataupun pariwisata. Meskipun begitu, masih banyak sektor yang bisa dikerjasamakan.

Fokus kerja tahun ini adalah meningkatkan hubungan bilateral dengan adanya kunjungan kepala negara RRT ke Indonesia. Kedua meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang. Dan ketiga meningkatkan investasi di daerah, seperti Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Utara.

“Kami bersedia datang untuk membicarakan kerjasama tersebut. Saya berharap ada komunikasi selanjutnya yang lebih erat dengan DPD terkait peningkatan kerja sama Indonesia,” terang Xiao.

KEYWORD :

DPD China Investasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :