Jum'at, 19/04/2024 18:23 WIB

Anjing Bisa Tandai Orang yang Sedang Ketakutan

Temuan tersebut berasal dari sebuah survei terhadap hampir 700 orang di Inggris utara

Anjing (Foto: John Angelillo)

Jakarta - Mungkin ada beberapa kebenaran dalam keyakinan lama bahwa anjing dapat merasakan ketakutan pada manusia. Menurut penelitian baru di Inggris, orang-orang yang cemas berisiko tinggi diserang anjing.

Temuan tersebut berasal dari sebuah survei terhadap hampir 700 orang di Inggris utara, yang dilakukan oleh para periset dari University of Liverpool.

Sebagai bagian dari penelitian ini, peserta ditanya apakah mereka pernah digigit anjing, apakah mereka tahu anjing yang menggigitnya, dan tingkat keparahan gigitannya. Mereka juga mengambil tes kepribadian 10 item.

Peserta yang memiliki emosional stabil dan tingkat neurotik yang rendah, semakin kecil kemungkinan mereka digigit anjing, studi tersebut menemukan. Sebagai nilai stabilitas emosional seseorang meningkat satu poin, antara 1 dan 7, kemungkinan mereka digigit turun sebesar 23 persen.

"Skema pencegahan gigitan anjing mungkin juga perlu menargetkan perilaku tertentu di sekitar anjing oleh tipe kepribadian korban yang berbeda," tulis penulis yang dipimpin oleh Carri Westgarth, dari Institut Infeksi dan Kesehatan Dunia.

Secara keseluruhan, 1 dari 4 peserta telah digigit anjing. Pria hampir dua kali lebih mungkin digigit dari pada wanita.

Lebih dari separuh peserta  telah digigit anjing yang tidak mereka kenal. Juga, orang-orang yang memiliki beberapa anjing tiga kali lebih mungkin digigit daripada mereka yang tidak memiliki anjing.

Karakteristik anjing (jenis kelamin, usia dan jenis kelamin) tidak diperhitungkan. Studi ini hanya menemukan hubungan antara ciri kepribadian manusia dan frekuensi gigitan anjing.

Hasil penelitian dipublikasikan secara online dalam Journal of Epidemiology and Community Health.

"Adalah penting bahwa faktor risiko yang diasumsikan sebelumnya dinilai ulang karena penelitian ini  mengungkapkan kepercayaan sebelumnya - seperti gigitan yang biasanya berasal dari anjing yang familier - yang berlawanan," kata penulis studi tersebut dalam sebuah rilis berita jurnalis.

KEYWORD :

Anjing Unik Sains




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :