Jum'at, 26/04/2024 02:21 WIB

Putin Pastikan Atlet Rusia Bakal Tampil di Olimpiade Pyeongchang

Putin menyampaikan ucapan tersebut dalam sebuah pertemuan dengan para atlet Rusia yang akan berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin.

Vladimir Putin bersama Atlet Rusia

Jakarta - Presiden Rusia, Vladimir Putin memastikan para atletnya akan tampil pada Olimpiade 2018 Pyenongchang di Korea Selatan mendatang, menyusul bebasnya atlet dari skandal pemakaian doping.

"Anda dan penggemar olahraga seharusnya tidak meragukan bahwa Rusia akan selalu bertindak, dan akan mendukung gagasan olahraga bersih dalam segala hal. Olahraga bersih dari doping, bersih dari masalah luar lapangan lainnya yang jarang terjadi dalam olahraga,"kata Putin.

"Atlet Rusia, bagaimanapun, hanya bisa bersaing sebagai pemain netral dengan nama "Atlet Olimpiade dari Rusia." Jika salah satu dari mereka memenangkan medali, lagu kebangsaan Olimpiade akan dimainkan alih-alih lagu kebangsaan Rusia," lanjutnya.

Putin juga meminta maaf kepada para atlet Olimpiade negara tersebut dan meminta mereka untuk memaafkan pihak berwenang karena gagal melindungi mereka dari skandal doping tersebut.

Putin menyampaikan ucapan tersebut dalam sebuah pertemuan dengan para atlet Rusia yang akan berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang bulan depan. Ia mengatakan kemenangan olahraga mereka sulit dicapai saat politik terlibat.

"Ketika olahraga dicampur dengan beberapa kejadian dan faktor asing, dengan keadaan yang berubah-ubah, dengan politik atau lainnya tentu akan mengganggu," tutur Putin.

Bulan lalu, Komite Olimpiade Internasional melarang tim Olimpiade Rusia dari Olimpiade 2018 setelah penyelidikan selama setahun atas doping sistematis oleh atlet Rusia. Panitia menemukan, seperti yang dilakukan oleh Badan Anti-Doping Dunia pada tahun 2016, bahwa pemerintah Rusia menjalankan program doping selama Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014.

Putin meminta para atlet untuk memaafkan karena pihak berwenang Rusia tidak dapat melindungi mereka.

Pemimpin Rusia yang sudah lama mengatakan bahwa dia berharap organisasi olahraga internasional tidak berubah menjadi departemen lembaga negara dari beberapa negara tertentu.

KEYWORD :

Putin Rusia Olimpiade




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :