Rabu, 24/04/2024 14:26 WIB

Kabar Duka, Pendiri Furnitur IKEA Meninggal Dunia

Kamprad mendirikan Ikea saat ia baru berusia 17 tahun menggunakan dana yang diberikan kepadanya oleh ayahnya sebagai hadiah.

Pendiri IKEA, Ingvar Kamprad meninggal dunia (Foto: Screenshot Twitter IKEA)

Jakarta - Kabar duka. Ingvar Kamprad, pendiri raksasa furnitur asal Swedia, IKEA meninggal dunia pada usia 91 tahun. Menurut keterangan IKEA melalui situsnya, Kamprad meninggal dikelilingi oleh orang-orang dekatnya di Smaland.

Kamprad mendirikan Ikea saat ia baru berusia 17 tahun menggunakan dana yang diberikan kepadanya oleh ayahnya sebagai hadiah atas prestasi di sekolah. Toko IKEAsendiri sudah dibuka di seluruh dunia, bahkan sudah menghasilkan miliaran dolar

"Kami sangat sedih atas kepergian Ingvar, kami akan mengingat dedikasinya dan komitmennya untuk selalu berpihak pada banyak orang, untuk tidak pernah menyerah, selalu berusaha menjadi lebih baik dan memimpin dengan memberi contoh," kata CEO dan presiden Inter Milan IBSA Torbjorn .

Perusahaan tersebut mengatakan, Kamprad tidak lagi memiliki peran operasional dengan IKEA sejaka 1988. Namun ia terus berkontribusi dalam bisnis ini sebagai penasihat senior. Kamprad mengundurkan diri dari dewan direksi pada 2013.

"Kami berkabung atas kepergiannya, kami sahabat baiknya Ingvar. Warisannya akan dikagumi selama bertahun-tahun yang akan datang dan visinya akan terus membimbing dan menginspirasi kita," kata Jesper Brodin, CEO dan presiden IKEA Group.

Pria yang menikah dua kali dan memiliki total kekayaan USD28 miliar atau sekitar 372 triliun menurut Forbes, tinggal di Swiss bertahun-tahun untuk mengurangi beban pajaknya. Namun, ia kembali ke Swedia pada 2014.

Pengusaha itu mengaku dalam buku tahun 1999 tentang hidupnya bahwa ia sebelumnya terlibat dengan kelompok Nazi, yang ia sebut sebagai "kesalahan terbesar" dalam hidupnya.

Seorang juru bicara Kamprad pada 2011 mengkonfirmasi, bahwa ia menjadi rekrutmen aktif untuk kelompok Nazi Swedia setelah 1945. Karena itulah ia tak pernah lepas dari dipantau polisi rahasia Swedia. Juru bicara tersebut mengatakan, Kamprod sudah meninggalkan ideologi Nazi.

KEYWORD :

Furnitur Swedia Ikea Ingvar Kamprad




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :