Kamis, 25/04/2024 15:43 WIB

Danau Pink Australia Tak Lagi Berwarna Merah Jambu

Alga beta-karoten tumbuh subur pada air dengan kadar garam tinggi.

Danau pink Australia

Jakarta – Beberapa pelancong asing protes. Mereka merasa tertipu saat mengunjungi Danau Pink atau disebut pula Danau Spencer, di Kota Esperance, Australia Barat. Pasalnya, Danau Pink itu tak berwarna merah muda.

“Dewan pariwisata kota mengajukan petisi untuk mengganti nama danau tersebut, yang mereka yakini telah menarik wisawatan lewat tipuan,” tulis Travel Wire Asia.

Padahal beberapa bulan lalu, Danau Pink viral di media sosial. Warna merah jambunya menarik minat berbagai pelancong asing. Namun apa daya, saat tiba di Danau Pink, kenyataannya danau itu berwarna putih, layaknya danau pada umumnya.

Predikat Danau Pink bukan diberikan hanya untuk menarik wisatawan. Warna merah muda di danau ini benar adanya. Namun, seiring waktu berlalu, jumlah alga beta-karoten yang menjadi penyebab danau tersebut berwarna merah muda telah berkurang.

Alga beta-karoten tumbuh subur pada air dengan kadar garam tinggi. Akan tetapi, konstruksi jalan raya dan kereta api yang terdapat di sekitar danau, mencegah air alami mengalir ke sistem garam. Akibatnya, alga tidak mampu tumbuh subur.

“Saat ini kami ingin mengembalikan Danau Pink menjadi Danau Spencer,” kata Kepala Pariwisata Esperance, Wayne Halliday.

KEYWORD :

Australia Danau Pink




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :