Jum'at, 19/04/2024 14:10 WIB

Foto Mayat Biksu Lagi Tersenyum Bikin Merinding

Foto itu diabadikan setelah para pengikutnya yang berdedikasi menggali kuburannya untuk dipindahkan ke kuil, dua bulan setelah ia meninggal.

Luang Phor Pian meninggal pada 16 November tahun lalu di Bangkok, Thailand saat dia berusia 92 tahun

­­­Jakarta - Foto mayat biksu yang tersenyum bikin merinding sekaligus melongo. Foto itu diabadikan setelah para pengikutnya yang berdedikasi menggali kuburannya untuk dipindahkan ke kuil, dua bulan setelah ia meninggal.

Bhikkhu (Dalam mazhab Theravada,Red) atau biksu, Luang Phor Pian meninggal pada 16 November tahun lalu di Bangkok, Thailand saat berusia 92 tahun. Berasal dari Kamboja, Pian menghabiskan sebagian besar hidupnya menjadi sebagai guru spiritual dan Budha yang terkenal di Lopburi, Thailand tengah.

Saat ia meninggal, jadadnya dibawah ke kuil tempat ia bertugas untuk dimakamkan. Minggu ini para pengikutnya memindahkan tubuhnya dari peti jenazahnya sebagai bagian dari tradisi agama Budha.

Namun, sontak mereka terkejut saat menemukan mayat yang sudah busuk itu tampak goserasan senyuman di wajahnya. Momen langkah itu pun kemudian diabadikan para warga yang menghadiri prosesi pemakannya. Tak jarang warganet mengunggah di akun media sosial mereka.

Sebagian penganut Agama Budha meyakini kematian Pian sebagai tanda bahwa bhikkhu tersebut telah benar-benar mencapai nirwana (keadaan dan ketenteraman sempurna bagi setiap wujud eksistensi karena berakhir).

Menurut Mirror, Selasa (23/1) Para pengikut biksu akan terus mendoakannya sampai upacara peristirahatan terakhir diadakan pada hari ke 100 kematiannya.

 

KEYWORD :

Biksu Luang Phor Pian Thailand




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :