Selasa, 13/11/2018 05:08 WIB

Mau Dirobohkan, Ini Sejarah "Rumah Cimanggis" yang Mesti Diketahui

Dibangun oleh Albertus van Der Parra, seorang Gubernur VOC sebagai hadiah untuk istri keduanya, Yohanna.

Foto dulu Rumah Cimanggis, Depok

Jakarta - Beberapa hari terakhir ini, tiba-tiba ada kabar yang jadi sorotan publik. Bukan masalah politik, tapi hanya sebuah bangunan tua yang usianya sudah ratusan tahun. Bangunan itu dikenal dengan sebutan rumah Cimanggis yang letaknya di Depok, Jawa Barat.

Kalangan mewanti-wanti pemerintah pusat tidak sembarangan rubuhkan bangunan itu untuk pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia alias UIII. Pasalnya, ada nilai historis atau sejarah terkait perkembangan perekonomian Depok. Ini alasan sejarah yang mesti kita tahu.

1. Rumah Cimanggis dibangun pada tahun 1771 dan 1775 oleh Pejabat Kongsi Dagang Hindia Belanda atau dalam bahasa Belandanya,  Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

2. Dibangun oleh Albertus van Der Parra, seorang Gubernur VOC sebagai hadiah untuk istri keduanya, Yohanna. Rumah itu dijadikan tempat singgah atau peristirahatan bagi mereka yang tengah dalam perjalanan dari Batavia menuju Bogor.

3. Karena kerap dijadikan tempat singgah, maka dibangunlah pasar Cimanggis atau sekarang dikenal dengan sebutan pasar Pal. Jaraknya hanya satu kilometer dari rumah itu. Para pelancong beristirahat di Pasar Cimanggis untuk berganti kuda atau istirahatkan kudanya. Juga membeli kebutuhan lainnya.

4. Yohana meninggal. Namun diserahkan kepada seorang pengusaha bernama David Smith. Namun usahanya bangkrut. Rumah itu dijual pada tahun 1953 dan beralih nama kepemilikannya, Samuel de Meyer.

5. Pada masa penjajahan Belanda, kisaran tahun 1946-1947, rumah tersebut dijadikan sebagai markas Belanda terutama saat agresi militer pertama.

6. Kemudian pada era Presiden Soeharto, sekitaran rumah Cimanggis diresmikan tiga pemancar RRI dan tahun 1978 dijadikan rumah karyawan RRI.

7. Namun di tahun 2000-an, rumah itu sudah tak terurus. Bangunan ditumbuhi tanaman liar dan sisi bangunan sudah ada yang roboh.


TAGS : Rumah Cimanggis Depok Jawa Barat




TERPOPULER :