Jum'at, 19/04/2024 21:31 WIB

DPR Serukan Diplomasi Parlemen Selesaikan Masalah Palestina dan Rohingya

Dalam Sidang Pleno Forum Parlemen Asia Pasifik (Plenary Meeting, Asia Pacific Parliamentary Forum) DPR RI menyuarakan agar parlemen se-Asia Pasifik terlibat aktif mendorong penyelesaian pengungsi Rohingya dan kemerdekaan Palestina.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah beserta delegasi DPR dan DPD RI melaksanakan muhibah ke Hanoi Vietnam 17-21 Januari 2018

Vietnam - Dalam Sidang Pleno Forum Parlemen Asia Pasifik (Plenary Meeting, Asia Pacific Parliamentary Forum) DPR RI menyuarakan agar parlemen se-Asia Pasifik terlibat aktif mendorong penyelesaian pengungsi Rohingya dan kemerdekaan Palestina.

Ketua delegasi Parlemen Indonesia, Fahri Hamzah menyerukan hal itu ketika menyampaikan speech dalam forum pleno APPF. Fahri secara tegas mendorong agar parlemen tiap negara turut aktif bersuara dalam proses perdamaian dunia dan kawasan Asia-Fasifik.

"Kami mendorong parlemen tiap negara di kawasan berperan aktif dalam menyelesaikan masalah bangsa-bangsa yang tertindas. Misalnya masalah Palestina dan pengungsi Rohingya," kata Fahri.

Fahri heran dan mempertanyakan, mengapa masalah ini tidak selesai ditangan diplomasi antar eksekutif atau pemerintah bangsa-bangsa terkait.

"Karena itu, kami mendorong parliamentary diplomacy agar lebih aktif dalam perdamaian dunia," tegas Fahri.

Diplomasi parlemen ini berperan sebagai second track diplomacy, dimana parlemen mewakili suara rakyatnya yang utuh untuk disampaikan dalam berbagai forum dunia atau kawasan.

Senada dengan sikap parlemen Indonesia yang disuarakan Fahri, parlemen Kanada juga menyatakan perlunya menyelesaikan masalah Rohingya dengan investigasi dan akses untuk bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya.

Parlemen Brunei Darussalam dan Malaysia juga mendukung dan menyatakan hal yang sama. Selain masalah tersebut, masalah terorisme dan keamanan kawasan juga dibahas dalam plenary meeting APPF ini.

KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Fahri Hamzah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :