Rabu, 17/04/2024 05:38 WIB

China Minta AS Tingkatkan Kerja Sama

Ilustrasi China dan Amerika Melakukan kesepakatan (Foto: Xhinhua)

Jakarta - Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada Donald Trump dalam pembicaraan via telepon, Selasa (16/01), bahwa kedua negara harus terus membuka pasar mereka satu sama lain dan meningkatkan kerja sama, di tengah meningkatnya ketegangan mengenai ketidakseimbangan perdagangan mereka.

Dilansir SCMP, Xi mengatakan hubungan China-Amerika Serikat tetap stabil dan telah membuat kemajuan pada 2017, namun kedua negara harus bekerja sama di berbagai bidang termasuk berurusan dengan semenanjung Korea.

Ketegangan meningkat antara Beijing dan Washington dalam beberapa bulan terakhir, menyusul China pada Jumat melaporkan surplus perdagangan terbesarnya dengan Amerika Serikat pada 2017 menjadi 275,8 miliar dollar, bertentangan dengan tujuan Trump untuk mempersempit defisit perdagangan AS dengan China.

Sementara Washington menggelar pembicaraan untuk melakukan tindakan ekonomi yang sulit melawan Beijing termasuk tarif hukuman atas ekspor China ke AS.

Untuk mengatasi hal tersebut, Xi meminta kepada Trump bahwa kedua negara harus mengambil "tindakan konstruktif" untuk membuka pasar mereka satu sama lain dan "memperluas kerja sama" demi menangani masalah perdagangan dan ekonomi mereka.

Xi juga menambahkan, telah terjadi perubahan positif dalam situasi semenanjung Korea dan meminta upaya bersama untuk menciptakan kondisi bagi dimulainya kembali dialog.

Trump, yang telah kritis terhadap China karena tidak berbuat cukup untuk mengendalikan ambisi nuklir Korea Utara mengatakan kepada Xi bahwa China memiliki peran penting dalam menangani masalah ini, dan Washington bersedia bekerja lebih banyak dengan Beijing untuk menyelesaikan krisis tersebut.

KEYWORD :

China Amerika Trump Ekonomi Internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :