Rabu, 26/09/2018 21:18 WIB

Pesenam Simone Biles Akui Jadi Korban Pelecehan Seksual

Tiga mantan rekan tim Olimpiade Biles, McKayla Maroney, Aly Raisman dan Gabby Douglas, juga menuduh Nassar melakukan pelecehan seksual kepada mereka.

Olympic gymnasts Aly Raisman and Simone Biles (Foto:UPI)

Jakarta - Pesenam Olimpiade dan peraih medali emas Simone Biles menyatakan bahwa dia menjadi korban pelecehan seksual oleh mantan dokter Gymnastics Amerika Serikat, Larry Nassar.

"Saya juga salah satu dari sekian banyak korban selamat yang dilecehkan secara seksual oleh Larry Nassar," tulis Biles dalam sebuah pernyataan panjang yang dibagikan di Twitter dan Instagram.

"Tolong percayalah ketika saya mengatakan bahwa jauh lebih sulit untuk pertama kali mengucapkan kata-kata itu dengan suara keras daripada sekarang untuk meletakkannya di atas kertas. Ada banyak alasan mengapa saya enggan membagikan ceritaku, tapi saya tahu sekarang bukan salahku," lanjutnya.

Tiga mantan rekan tim Olimpiade Biles, McKayla Maroney, Aly Raisman dan Gabby Douglas, juga menuduh Nassar melakukan pelecehan seksual kepada mereka.

Meskipun tidak ada anggota tim 2012 yang hadir dalam sidang vonis Nassar, yang dimulai di Michigan pada Selasa (09/01) hampir 100 dari 140 wanita yang disiksa oleh Nassar diharapkan dapat memberi pernyataan sebagai korban, termasuk Olimpiade 2000 Jamie Dantzscher. Nassar berpotensi dihukum seumur hidup di penjara.

"Saya tidak akan menghadiri hukuman karena terlalu traumatis bagi saya," tulis Raisman di Twitter. "Surat saya akan dibaca di depan pengadilan di depan Nassar. Saya mendukung orang-orang yang selamat dan kita semua bersama-sama .. #StopAbuse"

Menurtu kepala petugas urusan publik untuk Pusat Kekerasan Seksual Nasional, Kristen Houser, bagi banyak orang, membaca laporan dampak korban dapat menjadi pengalaman katarsis dan solusi penyembuhan terhadap trauma yang dirasakan.

"Selama bulan-bulan ini Anda harus merahasiakannya, dan kemudian penyelidikannya, dan menunggu proses pengadilan, keseluruhan sistem sama sekali bukan pengalaman yang berpusat pada korban atau sistem yang sensitif terhadap korban emosional pada korban," Kata Houser "Inilah ... satu-satunya kesempatan Anda bisa mengucapkan sepatah kata dalam kata-kata Anda sendiri, tidak diedit, dan mengatakan kebenaran tentang gambaran keseluruhan bagaimana hal-hal ini mempengaruhi hidup Anda."

Pernyataan dalam sidang dengar pendapat minggu ini cenderung tidak hanya ditujukan kepada Nassar, tapi juga Senam Amerika Serikat dan Michigan State University, dua mantan majikan Nassar, yang beberapa pesenam telah dituduh mengizinkan kejahatan Nassar.

Sejumlah tuntutan hukum menuduh pejabat kedua organisasi tersebut gagal menangani tuduhan pelecehan dengan benar.

Pekan lalu, Raisman mengatakan bahwa Senam Amerika Serikat disalahkan atas pelecehan yang dialami oleh dia dan rekan setimnya.

"Anda 100% bertanggung jawab," tulisnya di Twitter.

TAGS : Pesenam Pelecehan Seksual Amerika




TERPOPULER :