Kamis, 25/04/2024 10:52 WIB

Turki Resmikan Museum Antik Tebesar Ketiga Dunia

Museum ini menampilkan hampir 800 koleksi mainan, yang sebagian besarnya diproduksi tahun 1900-1920an.

Pemerintah Turki resmikan museum tersebesar ke ketiga di dunia

Samsun - Pemerintah Turki meresmikan museum mainan terbesar ketiga di dunia yang terletak di utara provinsi Samsu. Museum ini menampilkan hampir 800 koleksi mainan, yang sebagian besarnya diproduksi tahun 1900-1920an.

Menariknya, harga mainan tersebut bernilai sekitar 2 juta lira Turki atau sekitar Rp7 juta. Demikian kata wali kota distrik Canik, Samsun, ketika peresmian museum.

Osman Genc mengatakan bahwa museum tersebut merupakan museum mainan terbesar di Turki. Ia menyoroti koleksi antik di museum tersebut karena lebih didominasi buatan Jerman, Prancis, Amerika, Jepang, Polandia, Tiongkok, dan Turki.

Genc mengatakan bahwa mainan merupakan elemen penting bagi pendidikan anak. Menurutnya, kurangnya pabrik mainan di Turki menjadi sebuah masalah.

"Jika sebuah bangsa ingin mewariskan budaya, pahlawan, dan kehidupannya untuk generasi masa depan, maka negara tersebut harus membuat mainan sendiri. Inilah yang menjadi alasan kami untuk membangun sebuah museum mainan dan mendorong sektor swasta untuk membangun pabrik mainan," jelas Genc, dilansir dari Anadolu, Kamis (11/1).

Menurut Genc, museum tidak hanya memamerkan mainan, namun juga memberi kesempatan pada anak-anak untuk belajar membuat mainan sendiri. "Anak-anak kita akan mengenal mainan khas Turki dan akan belajar menyenangi mainan sekaligus budaya mereka," tambah dia.

Museum ini juga menampilkan miniatur desa, tenda suku asli Amerika, pesawat terbang dan kereta api yang diproduksi di Jerman pada tahun 1920-an, serta mobil-mobilan Ford pertama dari tahun 1920.

KEYWORD :

Turki Mainan Museum Samsun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :