Sabtu, 20/04/2024 06:14 WIB

Ancam Boikot, Israel Larang 20 Organisasi Masuk

Banyak organisasi dalam daftar tersebut berafiliasi dengan gerakan boikot, divestasi dan sanksi atau BDS,

ilustrasi Israel

Jakarta - Israel menetapkan larangan terbang di 20 organisasi internasional yang mempromosikan sebuah kampanye untuk memboikot negara Timur Tengah tersebut mengenai kebijakannya terhadap Palestina.

Kementerian Urusan Strategis Israel menerbitkan sebuah daftar pada Minggu dari 20 organisasi yang akan dilarang masuk ke negara tersebut setelah parlemen Israel menyetujui undang-undang untuk menolak visa masuk ke warga asing yang menyerukan atau mempromosikan segala jenis pemboikotan.

Dilansir UPI, larangan tersebut mencakup individu-individu dengan posisi senior di organisasi yang terdaftar dan tokoh pendirian dari berbagai negara yang telah secara aktif mempromosikan boikot tersebut.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa tidak ada niat untuk melarang orang-orang yang mengekspresikan kritik politik terhadap Israel atau mereka yang memiliki kewarganegaraan Israel.

Banyak organisasi dalam daftar tersebut berafiliasi dengan gerakan boikot, divestasi dan sanksi atau BDS, yang menghambat pembelian barang-barang Israel dan menekan perusahaan internasional serta selebriti untuk menghindari berbisnis dengan atau di Israel.

Menteri Urusan Strategis Israel Gilad Erdan, mengatakan bahwa negara tersebut telah beralih dari pertahanan ke pelanggaran dengan menerbitkan daftar tersebut.

"Organisasi boikot perlu mengetahui bahwa negara Israel akan bertindak melawan mereka dan tidak membiarkan mereka memasuki wilayahnya untuk menyakiti warganya," katanya.

"Tidak ada negara yang mengizinkan kritik datang untuk menyakiti negara untuk memasukinya."

Menteri Dalam Negeri Arye Dery mengatakan bahwa organisasi-organisasi dalam daftar tersebut mencoba untuk mengeksploitasi hukum dan perhotelan Israel serta mencemarkan negara.

"Saya akan bertindak melawan ini dengan segala cara," kata Dery.

Suara Yahudi untuk Perdamaian, salah satu dari dua organisasi Amerika yang terdaftar, berbagi sebuah pernyataan yang mengecam larangan tersebut sebagai upaya untuk menghukum organisasi karena sikap politik.

"Keputusan Israel untuk secara khusus melarang JVP membingungkan namun tidak mengherankan, mengingat erosi norma-norma demokrasi dan meningkatnya kecemasan akan kekuatan BDS sebagai alat untuk menuntut kebebasan," kata organisasi tersebut.

KEYWORD :

Israel Boikot Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :