Rabu, 24/04/2024 16:08 WIB

Diserang Flu Burung, Iran Kehabisan Telur

Pemerintah Turki memulai mengekspor ke Iran sejak dua minggu lalu.

Ilustrasi telur ayam. TEMPO/Tony Hartawan

Konya – Kedutaan besar (Kedubes) Iran meminta bantuan pasokan telur dari Turki lonjakan harga yang terjadi di negaranya karena flu burung. Demikian disampikan Ketua Pusat Persatuan Produsen Telur (YUM-BÄ°R) Hasan Konya.

Konya mengatakan kepada Anadolu Agency, wabah flu burung menjadi masalah besar bagi produksi telur di Iran. Ia berkomitmen akan membantu Iran dalam mengatasi lonjakan harga telur. Turki juga memulai ekspor ke Iran sejak dua minggu lalu.

Konya mengatakan, 70 persen ayam di Iran dimusnahkan karena flu burung. Karena itu harga telur mengalami kenaikan yang signifikan, bisa mencapai 2 sampai 3 kali lipat.

Dalam hal ini dukungan pemerintah Turki sangat penting dalam penentuan harga dan penambahan jumlah ekspor ke wilayah Timur Tengah.

"Berkat kerja sama dan dukungan dari kementerian pangan, pertanian dan peternakan, kementerian bea cukai dan perdagangan, dan kementerian perekonomian volume ekspor kami akan terus bertambah. Target kami mengekspor 2.000 truk telur ke Iran," tambah Konya.

KEYWORD :

Iran Telur Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :