Selasa, 23/04/2024 16:56 WIB

Penyanyi Legendaris Yon Koswoyo Tutup Usia

Vokalis sekaligus pemain gitar band Keos Plus, Yon Koswoyo, meninggal dunia pada usia ke-78 tahun

Vokalis sekaligus pemain gitar band Keos Plus, Yon Koswoyo (Foto: Uzone)

Jakarta - Vokalis sekaligus pemain gitar band Keos Plus, Yon Koswoyo, meninggal dunia pada usia ke-78 tahun. Kabar duka itu diketahui dari vokalis d`masiv, Ryan Ekky Pradipta melaui akun Instagramnya @rianekkypradiptaVerified.

"Innalillahi wa inalillahi rojiun, telah wafat dgn tenang, Musisi dan penyanyi KOESPLUS YON KOESWOYO (78 tahun) pagi ini Jumat 5 Jan 2018. Rumah Duka di Jl. Salak, Pamulang. Berdoa semoga dilapangkan jalannya pulang ke Rumah Tuhan di Surga. Al fatihah"

Belum diketahui penyebab meninggalnya. Namun, pada tahun 2016 silam, ia sempat dikabarkan mengalami gangguan pernapasan karena paru-parunya bolong. Waktu itu, ia dirawat inab selama beberapa hari.

Untuk diketahui, Yon Koeswoyo bersama saudaranya pada awalnya membentuk Kus Brothers pada 1958. Personelnya saat itu, Yon (gitar dan vokal), Yok Koeswoyo (vokal bass) John Koeswoyo (upright bass), Tonny Koeswoyo (gitar), serta Nomo Koeswoyo (drum).

Pada 1962, album pertama mereka direkam. Setahun sebelum mereka mengubah nama menjadi Koes Bersaudara sepeninggal John Koeswoyo. Salah satu lagu yang masih sering terdengar hingga saat ini adalah "Andai Kau Datang" yang kembali dipopulerkan Grup Band Noah.

Pemilik Twitter @gm_gm atau yang akrab disapa Goenawan Mohamad memberi komentar atas meinggalnya Yon Koswoyo. Ia mengatakan dimasa-masa Bung Karno (yang anti Beattles) lagu-lagu mereka dilarang dan bahkan mereka pernah disekap pada tahun 1965. Tapi musik adalah ekspresi kemerdekaan mereka tidak dapat dibungkam.

 

 

KEYWORD :

Keos Plus Yon Koswoyo Kabar Artis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :