Rabu, 24/04/2024 11:17 WIB

Tekan Kematian Pejalan Kaki, GM Patenkan Airbag Eksternal

ilustrasi

Detroit - Perusahaan otomotif Amerika Serikat General Motors (GM) telah mengantongi hak paten penggunaan airbag eksternal. Kantung udara yang dipasang di luar mobil tersebut dirancang untuk menekan angka kematian pejalan kaki dalam insiden kecelakaan.

Di Amerika Serikat, satu dari tujuh kematian akibat kecelakaan lalu lintas menimpa pejalan kaki. Inilah alasan dan pertimbangan rasional GM mencangkok teknologi airbag eksternal pada produk kendaraan roda empatnya.

"Kantung pengaman pejalan kaki bisa menjadi solusi teknik yang penting di masa depan," kata Tom Wilkerson, juru bicara keselamatan komunikasi GM dilansir USA Today, Senin (1/1).

GM mengajukan dokumen lengkap kepada Kantor Hak Paten dan Merek Dagang AS dengan menyertakan lusinan halaman deskripsi, aplikasi opsional dan 90 sketsa teknis. Perusahaan juga menyertakan cara kerja kantung udara, yang akan mengembang dengan bantuan kamera atau sensor.

"Ini adalah teknologi yang menjanjikan, namun kami tidak memiliki rencana produksi secara khusus saat ini," ungkap juru bicara GM Patrick Morrissey.

Masalah keselamatan memang selalu menjadi perhatian para pabrikan mobil. Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz, telah memiliki hak paten untuk memasang kantung udara pada bagian depan rangka mobil guna melindungi pejalan kaki dari hantaman keras. Volkswagen juga telah tengah mendalami sistem kantung udara alternatif.

Volvo sudah memasang kantung udara untuk pejalan kaki pada model V40 dengan pendekatan teknologi yang berbeda dari GM, yaitu melindungi area kaca depan.

Konsultan perencanaan produk otomotif dan manajer analisis desain Carlab, Maeva Ribas, menilai airbag pada kaca depan akan mengurangi dampak terparah kepada pejalan kaki yang telah tertabrak dan tubuhnya melewati kap mesin hingga menghantam kaca depan yang juga ikut membahayakan pengemudi mobil.

Pada tahun 2015, sekira 5.376 pejalan kaki tewas tertabrak mobil di Amerika Serikat dan menyumbang 15 persen dari total korban kecelakaan lalulintas, menurut National Highway Traffic Safety Administration. Sebanyak 818 pesepeda juga tewas karena kecelakaan mobil.

Jumlah pejalan kaki yang tewas dalam lalu lintas melonjak 11 persen menjadi hampir 6.000 pada 2016, menurut sebuah laporan yang dikeluarkan lembaga nonprofit pemerhati keselamatan jalan raya Governors Highway Safety Association pada Maret 2017. Itu adalah kenaikan korban jiwa pejalan kaki terbesar dalam satu tahun yang pernah ada.

KEYWORD :

Airbag Eksternal General Motors




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :