Kamis, 25/04/2024 15:17 WIB

Novelis Senior, Sue Grafton Meninggal Dunia

Kabar duka tersebut datang dari suami, Steve Humphrey yang merasa sangat kehilangan sosok istri tercinta.

Sue Grafton

Jakarta - Novelis senior, Sue Grafton menghembuskan napas terakhir di California, Jumat (29/12) waktu setempat. Ia meninggal dunia akibat kanker di usia 77 tahun.

Kabar duka tersebut datang dari suami, Steve Humphrey yang merasa sangat kehilangan sosok istri tercinta. Menurutnya, Grafton merupakan penulis yang dicintai banyak penggemar di Amerika dan bahkan dunia.

"Dia (Grafton) luar biasa dan menakjubkan serta dipuja oleh semua orang yang mengenalnya. Dia sangat sukses sebagai penulis, sangat berdedikasi dan sangat berbakat," ujar Humphrey.

Grafton dikenal karya-karya novelnya, dan paling dikenal karena novel misteri alfabetnya, yang mulai dia tulis pada tahun 1982 dengan A untuk Alibi . Setiap novel berikutnya menampilkan huruf berikutnya dalam alfabet - B untuk Burglar dan seterusnya.

Dia menerbitkan novel terakhirnya, Y untuk Yesterday pada Agustus lalu. Dia tidak memulai sebuah buku untuk surat Z sebelum kematiannya.

"Dia mencoba mengemukakan gagasan, tapi dia tidak pernah mendapatkan yang dia sukai," kata Humphrey. "Dengan chemo, dia tidak memiliki banyak energi atau minat dalam hal itu. Hanya akan ada alfabet 25 huruf, saya minta maaf untuk mengatakannya."

Novelnya telah diterbitkan dalam 26 bahasa di 28 negara.

Walikota Louisville Greg Fischer meratapi kematian sang novelis dalam sebuah postingan di Twitter.

"Dunia telah kehilangan penulis bakat dan yang produktif seperti Sue Grafton. di Louisville kita telah kehilangan seorang warga negara, teman, tetangga, dan pahlawan kampung halaman. Warisannya akan hidup melalui kata-katanya, yang akan menghibur dan menggairahkan. pembaca untuk generasi yang akan datang, " tulisnya .

Humphrey mengatakan akan ada upacara peringatan untuk Grafton pada hari Minggu di California, di mana dia tinggal di tahun ini.

"Ada pembicaraan tentang melakukan upacara pemakaman yang lebih besar di New York pada bulan April," katanya. "Agen sastranya berpikir untuk melakukan itu sebelum Upacara Edgar Awards."

KEYWORD :

Sue Grafton Novelis California Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :