Sabtu, 20/04/2024 15:17 WIB

Jambu Asal Mesir Dilarang Masuk Saudi, Alasannya?

Larangan itu mulai berlaku setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sampel jambu biji merah asal Mesir.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi (kiri) dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud (kanan) | foto: Memo

Riyadh - Pemerintah Arab Saudi untuk sementara melarang impor buah jambu segar dari Mesir. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian Saudi, jambu Mesir dilaporkan telah terkontaminasi pestisida dalam jumlah tinggi.

Menteri Urusan Dalam Negeri untuk Urusan Peternakan, Hamad al-Bahtsan mengatakan, larangan itu mulai berlaku setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sampel jambu biji merah asal Mesir.

Tes tersebut, kata Bahtsan, telah membuktikan bahwa secara ilmiah jumlah residu restisida pada jambu Mesir, lebih tinggi dari pada standar internasional yang diizinkan.

Dilansir dari MEMO, pemeriksaan dilakukan oleh kementerian terkait dan Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan (SFDA) Saudi, dalam upaya mendukung pelaksanaan program nasional, pemantauan residu pestisida dalam semua jenis sayuran dan buah-buahan impor, ke pasar-pasar Saudi.

Ini merupakan kali kedua Saudi melarang buah-buahan Mesir masuk ke negara tersebut. Pada Juni lalu, Saudi juga melarang stroberi asal Mesir karena terkontaminasi residu pestisida.

KEYWORD :

Arab Saudi Mesir Timur Tengah Impor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :