Sabtu, 20/04/2024 17:37 WIB

Ternyata Aksi Selfie Didorong Enam Alasan Ini

Ari juga menyebutkan enam motivasi seseorang melakukan selfie.

Ilustrasi

Jakarta - Praktisi kesehatan klinis dan Ketua Indonesian Society of Digestive Endoscopy Ari F Syam mengingatkan fenomena selfie (swafoto) pada era digital saat ini harus disikapi secara bijaksana dan proporsional. Ari juga menyebutkan enam motivasi seseorang melakukan selfie.

"Di era berkembangnya teknologi gadget yang semakin deras dengan kualitas gambar dan modifikasi gambar yang baik membuat fenomena selfie menjadi populer dan mendunia. Tetapi tetap kita harus menyikapi dengan bijaksana dan proporsional dalam melakukan selfie," kata Ari Syam dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/12).

Ari mengungkapkan, berdasarkan riset Nottingham Trent University, ada enam motivasi kenapa seseorang melakukan selfie. Yakni :

1.Meningkatkan kepercayaan diri dan menjadi berbahagia setelah melakukan selfie
2.Mencari perhatian
3.Meningkatkan mood
4.Berhubungan dengan lingkungan sekitar
5.Meningkatkan adaptasi mereka dengan kelompok sosial di sekitar mereka
6.Untuk berkompetisi secara sosial.

Menurut dia, pada liburan panjang beberapa mal kerap ditemui orang yang melakukan selfie, baik secara perseorangan maupun berkelompok.

Ia berpendapat mengambil foto diri secara mandiri dan membagikan melalui media sosial sudah merupakan budaya masyarakat zaman "now".

"Tujuannya macam-macam dan dianggap sebagai upaya pengembangan psikososial. Kegiatan selfie sudah mendunia dalam lima tahun terakhir ini dan semakin meningkat drastis dalam dua tahun terakhir. Semakin banyak pelakunya semakin banyak laporan kecelakaan yang berhubungan dengan pengambilan selfie," ucapnya.

KEYWORD :

Selfie Motivasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :