Selasa, 16/04/2024 13:16 WIB

4 Ilmuwan Hebat yang Lahir Saat Natal

Dunia patut berbangga memiliki para ilmuwan hebat.

Richard E. Shopie

Jakarta – Dunia patut berbangga memiliki para ilmuwan hebat. Berkat mereka, segalanya dewasa ini dimudahkan. Mulai dari urusan yang sepele, seperti cuci tangan dengan sabun, hingga penemuan obat penyakit tak kasat mata.

Berhubung sekarang sedang dalam masa-masa Natal, yuk kita lihat para ilmuwan hebat yang lahir bertepatan dengan Hari Natal. Siapa saja?

  1. John Phillips (1800-1874)

Keponakan dari William Smith sang ‘Bapak Geologi Inggris’ini berjasa mengidentifikasi tiga era penting dalam sejarah Bumi, yakni Paleozoikum, Mesozoik, dan Cenozoik. Phillips juga pernah menulis beberapa makalah tentang masalah astronomi selama karirnya.

  1. William Gregor (1761-1817)

William lahir di Desa Cornish Manaccan (dieja Menaccan). Pada 1790 silam, dia pernah menulis sebuah makalah tentang logam baru, yang ditemukan di desa kelahirannya, dan disebut dengan unsur menacanite atau manachine. Sayangnya, pada 1796 kemudian, ahli kimia Jerman Martin Klaproth menemukan logam serupa, dan diberi nama titanium. Nama menacanite pun tidak terpakai.

  1. Richard E. Shope (1901-1966)

Tanpa Shope, mungkin saat ini kita tidak bisa mendapatkan vaksin flu. Sebuah wabah flu pernah membunuh 20 hingga 50 juta warga dunia pada 1928 silam. Kondisi itu mendorong Shope mengidentifikasi flu yang dialami oleh manusia dengan flu yang diderita oleh kawanan babi. Hasilnya kemudian, ternyata flu pada manusia dan babi memang memiliki kemiripan.

  1. Gerard Herzberg (1904-1999)

Selama karirnya, Herzberg menulis catatan terbanyak mengenai masalah spektroskopi. Spektroskopi adalah teknik yang memungkinkan ilmuwan mempelajari interaksi antara materi dan radiasi elektromagnetik. Dengan ilmu tersebut, Herzberg dapat mendeteksi molekul gas hidrogen di atmosfer Uranus dan Neptunus pada 1952. Spektroskopi juga membantu Herzberg melepaskan beberapa cahay baru pada radikal bebas. Atas prestasinya, dia memperoleh Nobel bidang Kimia pada 1971.

KEYWORD :

Unik Sains Natal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :