Kamis, 25/04/2024 21:34 WIB

Benarkah ML Saat Haid Bisa Bikin Hamil?

Pada saat hari pertama menstruasi, kadar hormon akan menurun dan darah menstruasi mengalir

ilustrasi kehamilan

Jakarta –Sebagian orang mungkin mendengar, bahwa berhubungan seks ketika sedang haid, akan mencegah sel sperma masuk ke dalam rahim. Artinya, kemungkinan hamil sangat tipis. Benarkah?

Dikutip dari Pop Sugar, pertama-tama kamu harus memahami siklus menstruasi bekerja. Intinya, menstruasi adalah peluruhan lapisan endometrium yang terdapat di dalam rahim. Pada saat hari pertama menstruasi, kadar hormon akan menurun dan darah menstruasi mengalir dari rahim menuju lubang kecil di leher rahim, untuk menumpahkan lapisan jaringan.

Kemudian, pada hari ke-14 dalam siklus menstruasi bulanan, hormon menyebabkan folikel dewasa di ovarium pecah. Kemudian ia akan melepaskan sel telur menuju ovarium untuk melakukan proses ovulasi (pembuahan).

Sel telur bergerak ke Tuba Falopi menuju rahim, sehingga sperma bisa bersatu dengan sel telur di sini. Bila sel telur tidak dibuahi, maka telur sel telur akan pecah dan ditumpahkan selama periode menstruasi tersebut.

Kemungkinan hamil saat menstruasi memang terhitung rendah. Namun tetap saja hal itu bisa terjadi.

“Jika salah satunya memiliki siklu hidup yang lebih pendek, ada kemungkinan Anda bisa hamil saat berhubungan seks selama masa menstruasi,” tulis American Pregnancy Association.

Perlu diketahui, sperma dapat bertahan selama lima hari sejak dilepaskan. Jadi, jika kamu melakukan hubungan seks di akhir masa menstruasi, maka secara hipotesis, empat hingga lima hari kemudian, sperma tersebut bisa dibuahi.

KEYWORD :

Unik Kesehatan Seks Kehamilan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :