Jum'at, 19/04/2024 18:45 WIB

Menaker Tampil di Sinetron Dunia Terbalik

Menaker memandang sangat efektif bila bisa memasukkan unsur sosialisai tentang cara bermigrasi yang benar dan aman di luar negeri di dalam sinetron itu.

Salah satu sesi pengambilan gambar sinetron Dunia Terbalik dimana Menaker Hanif Dhakiri menjadi salah satu bintang tamu.

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri tampil dalam sinetron “Dunia Terbalik” yang ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI, Sabtu (16/12). Kemunculan menaker dalam sinetron bukan tanpa alasan. Dunia Terbalik merupakan sinetron yang menjadikan kampung dan keluarga Tenaga Kerja Indonesia sebagai latar cerita.

“Temuan kami di lapangan menunjukkan, Dunia Terbalik menjadi salah satu tontonan yang popular di masyarakat pedesaan, termasuk di desa-desa kantong TKI,” kata Menaker di Jakarta, Sabtu, 16 Desember 2017 saat menjelaskan alasan tampil di acara tersebut.

Atas dasar tersebut, Menaker memandang sangat efektif bila bisa memasukkan unsur sosialisai tentang cara bermigrasi yang benar dan aman di luar negeri di dalam sinetron itu. Dengan demikian, masyarakat dan calon TKI tidak terjebak menjadi pekerja migran yang illegal. Ternyata, saat berkoordinasi dengan pihak produser dan stasiun televisi, ide tersebut disambut baik. Bahkan pihak produser mempersilakan Menaker tampil langsung dalam sinetron, untuk memberikan sosialisasi.

“Jadi ini bukan dimaksudkan untuk numpang tenar atau pencitraan. Tanpa tampil di senetron saya sudah tenar hehe”, ujar Hanif dengan nada gurau. “Tapi ini semata-mata untuk kepentingan sosialisasi bagaimana bermigrasi yang aman, sehingga masyarakat terhindar menjadi TKI ilegal serta terhindar dari tindak pidana perdagangan orang”.

Terpisah, produser sekaligus penulis ide cerita Dunia Terbalik, Mudakir Rifai mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kesediaan Menaker tampil dalam sinetron tersebut. “Kehadiran Menaker memberi perspektif baru terkait masalah bagaimana cara menjadi TKI di luar negeri yang aman, serta bagaimana memberdayakan keluarga TKI di kampung halamannya,” ujar Mudakir.

Mudakir juga menjelaskan, diterimanya Menaker dalam sinetron tersebut, semata karena ada keselarasan antara ide cerita dengan program pemerintah dalam masalah TKI. Ditegaskannya, ada beberapa tokoh publik  yang berusaha masuk dalam sinetron yang sudah tayang lebih dari 600 episode serta  mendapatkan banyak penghargaan tersebut. Namun tawaran tersebut ditolak dengan alasan tak adanya relevansi antara sang tokoh dengan cerita sinetron.

Jumat 15 Desember 2017, Hanif mengikuti proses pengambilan gambar di kawasan Cibubur. Dalam salah satu adegan, Hanif menjelaskan bahwa pemerintah terus memperbaiki tata kelola migrasi yang baik. Salah satunya dengan disahkannya UU Perlindungan Pekerja Migran Indonesia akhir Oktober lalu.

Pemerintah juga meluncurkan program Desa Migran Produktif (Desmigratif) di desa-desa kantong TKI. Desmigratif merupakan program pemerintah dengan tujuan melakukan penanganan terpadu di desa-deaa kantong TKI. Desmigratif meliputi layanan informasi, konsultansi dan dokumen migrasi yang baik, pemberdayaan ekonomi keluarga TKI, pendampingan pengasuhan anak TKI serta membentuk koperasi keluarga TKI. 

Menaker juga mengingatkan bahwa pengiriman TKI pembantu rumah tangga di 19 negara di kawasan Timur Tengah, tergolong pengiriman TKI illegal. Pasalnya, sejak 2015 pemerintah telah melarangnya. 

Sinetron yang menampilkan Menteri Hanif akan tayang Sabtu 16 Desember 2017 pukul 20.15 WIB.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :