Kamis, 25/04/2024 05:32 WIB

Secangkir Teh Panas Turunkan Risiko Glaukoma

Secangkir teh hangat ternyata tidak hanya menuntaskan dahaga.

Teh (foto: Groupon)

Jakarta - Secangkir teh hangat ternyata tidak hanya menuntaskan dahaga. Dalam penelitian terbaru, teh hangat ternyata bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit Glaukoma.

Apa itu Glaukoma? Glaukoma adalah kondisi di mana tekanan cairan di dalam mata mengakibatkan kerusakan saraf optik, sehingga dapat menyebabkan kebutaan bila terus-menerus dibiarkan.

Banyak orang tidak menyadari Glaukoma, sementara risikonya semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Pun, bayi dan anak-anak juga tidak luput dari penyakit ini. Total, ada 57,5 juta orang menderita Glaukoma di seluruh dunia.

Seperti diketahui, teh memang bagus untuk jantung, akan tetapi bila ditambahkan susu ke dalamnya, maka manfaat itu akan hilang.

Berdasarkan penelitian di British Journal of Ophthalmology, para periset di Amerika Serikat (AS) menganalisis data kesehatan dan gizi nasional periode 2005-2006, terkait hasil pemeriksaan mata 1.678 orang yang berusia 40 tahun ke atas.

Mereka yang diperiksa, ditanyai tentang seberapa sering minum kopi, teh panas, minuman ringan atau es, dan apakah minuman yang mereka konsumsi mengandung kafein atau tidak. Hasilnya, total sebanyak 84 peserta ditemukan menderita Glaukoma.

Memang tidak ada hubungannya antara minum kopi, minuman ringan, atau es teh dengan Glaukoma. Namun, tim peneliti mencatat, mereka yang mengonsumsi lebih dari enam cangkir teh hangat dalam seminggu, cenderung memiliki ketahanan tubuh terhadap Glaukoma.

Secara keseluruhan, penikmat teh hangat memiliki peluang 74 persen lebih rendah terkena Glaukoma, ketimbang mereka yang tidak melakukannya.

"Singkatnya, individu yang minum teh hangat cenderung tidak memiliki diagnosa Galukoma, dibandingkan mereka yang tidak minum teh hangat," kata para penulis dikutip dari The Guardian.

"Meski demikian, peminum teh juga harus menyadari, bahwa teh tidak bisa mutlak mencegah Glaukoma," tulis peneliti University of California Anne Coleman.

KEYWORD :

Unik Kesehatan Tips Teh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :