Jum'at, 19/04/2024 18:01 WIB

Yuk Bercocok Tanam Tumbuhan Obat di dalam Rumah

Menanam oobat tidak perlu repot. Malah bisa membuat rumah jadi lebih rindang.

Tanaman kumis kucing (foto: Google)

Jakarta - Obat-obatan merupakan satu dari sekian benda yang harus selalu tersedia di rumah. Tapi, alih-alih membeli, obat-obatan sebenarnya bisa ditanam, sehingga dapat digunakan kapanpun yang Anda mau.

Menanam tumbuhan obat mungkin terdengar tidak praktis. Apalagi di zaman teknologi seperti sekarang, obat dapat diperoleh lewat toko online via smartphone atau pergi langsung ke apotik terdekat.

Tapi jangan salah, menanam tanaman obat dapat mempercantik rumah Anda. Selain menambah rindang, Anda juga dapat memanfaatkan tanaman obat keluarga (Toga) dalam pot ketika rempah dan sayuran di dapur sudah mulai habis. Tanaman ini juga berkhasiat sebagai apotik kecil di rumah.

Berikut beberapa rekomendasi tanaman obat yang diperoleh Jurnas.com dari berbagai sumber:

  1. Kumis Kucing

Tanaman berbunga mirip seperti kumis kucing ini biasanya tumbuh liar, dan kini sudah jarang ditemukan. Tanaman ini bermanfaat sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih, mengobati rematik, menyembuhkan batuk encok, mengatasi masuk angin, sembelit, sebagai pengobatan alami radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, bahkan penyakit syphilis.

  1. Lidah Buaya

Dikenal dengan tanaman Aleo Vera sering sekali digunakan oleh pakar kecantikan untuk menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan bulu mata, memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe, menghilangkan flek hitam pada wajah dan menutup pori-pori wajah yang terlalu besar. Selain itu, berbagai penyakit juga dapat dicegah dan diobati dengan lidah buaya diantanyanya : melancarkan peredaran darah, membantu mempercepat proses penyembuhan paska operasi, menyembuhkan TBC Asma Batuk, anti peradangan dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.

  1. Brotawali

Tanaman ini biasanya tumbuh liar di tempat yang panas. Rasanya pahit tetapi sangat berkhasiat mencegah dan mengobati berbagai penyakit di antaranya mempercepat penyembuhan luka, mengatasi penyakit kulit, menurunkan demam, mengobati kencing manis, dan sakit rematik.

  1. Bawang merah

Selain banyak digunakan sebagai bumbu makanan, bawang ternyata juga dapat menyembuhkan penyakit sistem pencernaan, peredaran darah, pembuangan, pernapasan, kesehatan mata, dan juga menyembuhkan impotensi. Jadi, cocok untuk ditanam di rumah.

  1. Tomat

Jenis sayuran satu ini jika ditanam di rumah, selain dapat menambah persediaan sayuran di rumah Anda, ternyata juga dapat digunakan mengobati sejumlah penyakit. Di antaranya: anti radang, pembunuh bakteri, pengencer dahak, menurunkan panas, muntah-muntah, menghangatkan, memudahkan pengeluaran dari perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah, memperliar dan memperbaiki mutu sperma.

  1. Lengkuas Merah

Tanaman obat ini berkhasiat untuk mengatasi gangguan perut, menyembuhkan gangguan perut, kurap, eksim, demam radang telinga, bronkhitis, masuk angin, diare, dan obat untuk meningkatkan gairah seks.

  1. Bawang Putih

Sama halnya dengan bawang merah, tanaman bumbu dapur ini juga biasanya digunakan sebagai pereda darah tinggi, penghancur kolesterol, penambah nafsu makan, obat kebugaran dan stamina, pelancar sperma.

  1. Jahe

Siapa yan tidak mengenal umbi penghangat tubuh ini. Fungsi lain dari umbi ini yaitu sebagai antioksidan,  melindungi lemak/membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

KEYWORD :

Kesehatan Toga Tumbuhan Obat-Obatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :