Sabtu, 20/04/2024 21:25 WIB

Ini Lima Manfaat Bangun Tidur Lebih Awal

Rata-rata orang sukses punya kebiasaan bangun tidur lebih awal. Ternyata ini manfaatnya

Ilustrasi seorang perempuan sedang tidur

Jakarta - Orang-orang sukses di dunia, rata-rata punya kebiasaan bangun tidur lebih awal. Dan, tentu jadwal tidur juga harus diperhatikan, agar memenuhi standar minimal delapan jam.

Tidak ada batasan jam tertentu, orang yang rajin bangun pagi biasanya sudah memulai rutinitasnya saat orang-orang pada umumnya masih tidur nyenyak.

Dikutip dari Life Hack, terdapat banyak keuntungan bagi Anda yang memang sudah terbiasa bangun lebih awal. Seperti apa?

  1. Banyak waktu berkualitas (Quality Time)

Ketika Anda bangun lebih pagi, tidak akan ada satu orang pun yang akan mengganggu kegiatan yang Anda lakukan. Orang-orang sedang tidur. Media sosial pun masih sepi. Anda dapat memanfaatkan waktu tenang tersebut untuk membaca, menulis, berlatih, atau pun kegiatan lain untuk mengisi waktu Anda.

  1. Olahraga

Bangun lebih awal akan menambah waktu Anda untuk berolahraga. Sambil menikmati suasana matahari terbit, Anda dapat berjalan santai di luar rumah. Olahraga di alam baik untuk kesehatan Anda, terutama di pagi hari. Kebiasaan ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki produktivitas Anda di tempat kerja.

  1. Menikmati suara alam

Tidak hanya menyelaraskan berbagai aspek dalam diri Anda, kebiasaan bangun lebih awal juga akan mensinkronisasikan diri Anda dengan alam. Di saat Anda bersentuhan dengan suara alam yang lebih tenang dan belum dicemari oleh kebisingan, walhasil akan membuat pikiran lebih rileks, dan membantu otak untuk berpikir jernih.

  1. Meningkatkan pertumbuhan

Seringkali setelah berjibaku dengan kesibukan yang panjang setiap hari, Anda merasa perlu bersantai di akhir pekan. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan bangun lebih siang dan bermalas-malasan di penghujung minggu tidak akan menyelesaikan kelelahan Anda? Cobalah bangun lebih awal dan melakukan relaksasi untuk menemukan masalah-masalah yang masih mengganjal.

  1. Merasakan tidur yang lebih nyenyak

Jika Anda bangun lebih awal, maka Anda akan merasa cepat-cepat untuk tidur. Tidur yang cukup akan membuat hari-hari Anda lebih berenergi dan lebih produktif. Sebuah penelitian di Springer Link menemukan bahwa mereka yang menunda tidur, cenderung memiliki pikiran negative yang dominan.

KEYWORD :

Kesehatan Tidur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :