Sabtu, 17/11/2018 23:55 WIB

Cara Ini Mencegah Sakit Kepala Kambuh Lagi

Meskipun sepele, saat sakit kepala menyerang, Anda akan kehilangan konsentrasi

Ilustarasi sakit kepala (Foto: Nova)

Jakarta - Siapa sih yang tidak jengkel dengan sakit kepala? Meskipun sepele, saat sakit kepala menyerang, Anda akan kehilangan konsentrasi dan mau tidak mau harus meletakkan pekerjaan yang tengah Anda jalani sementara.

Sakit kepala tidak dapat diseragamkan. Sakit kepala ringan mungkin dapat Anda obati dengan meminum air putih, obat pereda, atau menambah jam istirahat. Namun tidak begitu dengan sakit kepala kronis. Hati-hati, sakit kepala kronis sangat membahayakan bahkan dapat mengancam nyawa.

Meski demikian, jangan khawatir. Anda masih bisa melakukan usaha-usaha pencegahan agar tidak menderita sakit kepala, baik ringan maupun kronis. Seperti apa?

Istirahat cukup

Jangan menyepelekan waktu istirahat Anda. Terutama bagi Anda yang workaholic, usahakan untuk tidur minimal 8 jam per hari. Tidur kurang dari 8 jam dapat mengurangi kesempatan tubuh Anda untuk beristirahat, hingga akhirnya menyebabkan sakit kepala.

Hindari stress

Pekerjaan yang menumpuk kadang menimbulkan beban pikiran yang berlebih, dan akhirnya stress. Cobalah untuk menyelingi kesibukan Anda dengan melakukan beberapa kegiatan santai, seperti berenang, yoga, mendaki gunung, bermain games, dan lain sebagainya.

Membenarkan posisi duduk

Jika Anda termasuk pekerja yang mengharuskan bertatap mata dengan layar computer, maka jangan duduk dengan posisi merunduk. Duduk dengan posisi merunduk akan membuat otot leher dan bahu Anda tegang. Cobalah duduk dengan posisi tulang belakang Anda lurus.

Banyak minum

Sesibuk apa pun Anda, jangan lupa untuk minum setidaknya delapan gelas per hari. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu timbulnya sakit kepala.

Minum kopi bebas kafein

Minum kopi dapat menghilangkan sakit kepala? Mungkin ada benarnya. Tapi dikutip dari Life Hack, meminum kopi dalam porsi berlebih dapat menimbulkan sakit kepala. Anda harus mencoba kopi yang bebas kafein atau rajin meminum teh di pagi hari.

TAGS : Tips Kesehatan Sakit Kepala




TERPOPULER :