Kamis, 25/04/2024 04:26 WIB

Ketua Fed, Janet Yellen Mengundurkan Diri

Yellen mengumumkan pengunduran dirinya sekitar tiga minggu setelah Presiden Donald Trump menunjuk Gubernur Federal Jerome Powell 

Jallet

Jakarta - Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve System (FED), Janet Louise Yellen mengatakan pada Senin (20/11) bahwa dia akan mengundurkan diri di dewan gubernur, saat masa berakhir jabatannya pada bulan Februari.

Yellen mengumumkan pengunduran dirinya sekitar tiga minggu setelah Presiden Donald Trump menunjuk Gubernur Federal Jerome Powell untuk menjadi penggantinya, melawan tradisi lama pendahulunya yang mengundurkan diri dari Ketua Federal

"Ketika saya bersiap untuk meninggalkan dewan, saya bersyukur bahwa sistem keuangan jauh lebih kuat daripada satu dekade yang lalu, lebih mampu bertahan menghadapi ketidakstabilan masa depan dan terus mendukung aspirasi ekonomi keluarga dan bisnis Amerika," kata Yellen dalam pengunduran dirinya dilansir UPI.

Pengunduran diri Yellen membuat tempat keempat bagi Trump untuk memilih dewan gubernur dari tujuh orang, di mana gubernur Fed Lael Brainard tetap menjadi satu-satunya anggota yang ditunjuk oleh mantan Presiden Barack Obama.

Trump telah memilih Randal Quarles sebagai wakil ketua pengawasan dan sekarang akan memiliki kesempatan untuk menjadi gubernur.

Masa jabatan Yellen sebagai gubernur sebenarnya akan berakhir sampai 31 Januari 2024, tapi dia memilih untuk mundur lebih awal karena Powell siap untuk mengambil alih perannya sebagai ketua.

"Saya yakin bahwa penerus saya sebagai ketua, Jerome Powell, sangat berkomitmen terhadap misi tersebut dan saya akan melakukan yang terbaik untuk memastikan transisi yang mulus," katanya.

Janet Louise Yellen lahir 13 Agustus 1946 lalu. Ia merupakan ekonom Amerika Serikat dan sempat menjadi Wakil Ketuanya pada tahun 2010 sampai 2014 sebelum terpilih sebagai ketua. 

KEYWORD :

Janet Yellen Amerika Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :