Kamis, 23/11/2017 09:00 WIB

Komisi IV Dorong Beras Krayan Asal Nunukan Hingga Manca Negara

Beras Organik Krayan yang hanya tumbuh di wilayah Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara, telah diberikan hak paten oleh pemerintah. Beras yang sudah tumbuh sejak masa nenek moyang itu ditanam di atas lahan sawah tradisional.

Anggota Komisi IV DPR, Kasriyah saat rapat di Gedung DPR RI (Foto: Humas DPR)

Jakarta - Beras Organik Krayan yang hanya tumbuh di wilayah Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara, telah diberikan hak paten oleh pemerintah. Beras yang sudah tumbuh sejak masa nenek moyang itu ditanam di atas lahan sawah tradisional.

Kondisi alam diantara lembah dan ngarai membuat beras Krayan berbeda dengan daerah lain. Terkait hal tersebut, Anggota Komisi IV DPR RI Kasriyah mengatakan bahwa beras Krayan memang beda dengan beras-beras yang lain.

“Beras ini baru satu-satunya, saya belum melihat kualitas beras lain yang seperti beras Krayan, karena berasnya harum dan tidak cepat basi. Beras Krayen ini hanya ada di Nunukan,” ucap Kasriyah, dalam rilisnya, Kamis (9/11).

Kasriyah memaparkan, banyak kalangan pejabat yang sudah merasakan beras Krayan itu. Menurutnya, ke depan Provinsi Kaltara akan mempunyai ikon tersendiri, karena Provinsi Kaltara mampu menghasilkan beras yang baik dan tidak mengandung bahan pengawet.

“Saya berharap nantinya beras Krayan tidak hanya beredar di Indonesia, tetapi kalau bisa kita juga mengekspornya ke luar negeri,” terangnya.

Sistem pertanian yang digunakan untuk menghasilkan beras Krayan adalah pola pertanian yang sesuai budaya masyarakat Krayan, yakni sebagaimana masyarakat budaya yang tak lepas dari sistem kearifan lokal yang bertumpu pada keadaan siklus alam dan pola ramah lingkungan.

TAGS : Warta DPR Komisi IV DPR Kunjungan Kerja




TERPOPULER :