Kamis, 23/11/2017 08:58 WIB

Spesies Hiu Mengerikan Era Dinosaurus Ditemukan di Portugal

Pemangsa dengan bentuk mirip ular itu memiliki ciri khas 300 gigi tajam dan hidup di perairan dalam.

Hiu berduri atau C. Anguineus (foto: Live Science)

Jakarta - Seekor hiu yang hidup sejak zaman dinosaurus ditemukan oleh seorang nelayan di lepas pantai Portugal. Pemangsa dengan bentuk mirip ular itu memiliki ciri khas 300 gigi tajam dan hidup di perairan dalam.

Chlamydoselachus Anguineus, nama hewan itu, tertangkap di jaring di nelayan dalam kondisi sudah mati. Menurut keterangan Boys Genius Report, fosil hidup ini kemudian diserahkan ke kapal penelitian agar dipelajari lebih lanjut.

Peneliti sains di Universitas Algarve Portugal mengatakan, C. Anguineus merupakan hewan pemangsa ganas. Dengan gigi yang tampak seperti jarum, predator itu dapat memangsa hewan yang berukuran setengah dari ukuran tubuhnya. Termasuk dalam hal ini ikan, cumi-cumi, dan hiu lain yang berukuran lebih kecil.

"Hiu setinggi 5 kaki (1,5 meter) ini hampir tidak berubah selama 80 juta tahun terakhir. Sehingga dijuluki `Fosil hidup`," tulis Live Science.

Nelayan melaporkan telah menangkap C. Anguineus di kedalaman 2.300 kaki atau 700 meter di bawah permukaan air. Sementara menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), C. Anguineus bisa hidup hingga kedalaman 1.500 di bawah permukaan laut.

Perlu diketahui, C. Anguineus memiliki masa gestasi (masa kehamilan) yang cukup lama, yakni satu hingga dua tahun. Sama seperti gajah, kata IUCN. Namun, sekali melahirkan, hewan itu bisa mengeluarkan dua sampai 15 anak.

Ini bukan pertama kalinya, C. Anguineus ditangkap oleh nelayan. Pada 2003 lalu, satu buah pukat telah menjaring 34 hiu berduri, yang terdiri dari 15 pejantan dan 19 betina, di Kepulauan Azores, Samudera Atlantik. Menurut keterangan Journal of Ichthyology, kemungkinan penangkapan tersebut dilakukan ketika hiu-hiu itu sedang dalam masa kawin.

"C. Anguineus memang jauh dari kata punah. Karena ketika tidak sengaja tertangkap, C. Anguineus biasanya dibuang atau disimpan untuk dijadikan tepung ikan," ungkap IUCN.

Meski tidak terancam punah, aturan perlindungan hiu tetap berlaku. Dewan Perikanan Eropa pada 2007 lalu menetapkan pembatasan penangkapan hiu, termasuk salah satunya hiu berduri, yang masuk daftar pada 2010 silam. Peraturan serupa juga diterapkan di Australia.

TAGS : Unik Hiu C. Anguineus Fauna Ikan




TERPOPULER :