Kamis, 23/11/2017 09:00 WIB

Ketua Umum GP Ansor Cicipi Kopi Barista Naker

Diantara hasil produksi kader-kader Ansor yang dipamerkan, stan Kopi Ansor Temanggung cukup ramai dikunjungi masyarakat

Ketua Umum PP GP Ansor Gus Tutut bersama dua orang Barista dan kader Ansor Banser, di stand Kopi Ansor Temanggung, Kajen Pekalongan, minggu (12/11)

Pekalongan - Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor H. Yaqut Cholil Qoumas, yang akrab disapa Gus Tutut, berharap kemampuan barista Kopi kader-karer Ansor dapat bersaing di tingkat dunia. Setelah mencicipi sendiri hasil kerja barista Ansor, Gus Tutut optimis harapannya tersebut dapat terwujud.

“Waah Uenaak. Saya ini minum kopi sejak kecil. Saya bisa rasakan mana-mana kopi yang enak. Ini bener-bener enak. Hasil olahan teman-teman Barista Ansor yang dilatih Kementerian Ketenagakerjaan ini, saya harapkan bisa bersaing di timgkat dunia”, Kata Gus Tutut, saat menengok stand Kopi Ansor Temanggung, usai membuka Konferensi Wilayah GP Ansor Jawa Tengah, di Komplek Pendopo Bupti Pekalongan, Minggu (12/11).

Diantara hasil produksi kader-kader Ansor yang dipamerkan, stan Kopi Ansor Temanggung cukup ramai dikunjungi masyarakat. Di sini, selain tersedia kopi siap diminum, juga dipamerkan kopi kemasan yant bisa dibawa pulang. Ini merupakan hasil produksi dua barista Ansor, yakni Sumarlan dan Muslihin yang lulus pelatihan Barista, hasil kerja sama PP GP Ansor dan Kemnaker RI.

Menurut Gus Tutut Sekolah Ansor Barista kerjasama PP GP Ansor - Kemnaker, sepanjang tahun 2017 telah melatih meluluskan 80 barista. Sebagian dari mereka terserah di pasar kerja, sebagian yang lain membuka usaha sendiri di daerahnya masing-masing.

“Saya berharap kerjasama Ansor - Kemnaker ini bisa terus dilaksanakan pada waktu mendatang. Ini wujud nyata sumbang sih kader-kader Banser dan Ansor membangun angkatan kerja nasional yang produktif”, jelasnya.

Di kesemptan sama, Ketua PC GP Ansor Temanggung Syukron Wahid mengungkapkan harapannya agar tahu depan dapat mengirimkan lebih banyak lagi kader Ansor dan Banser mengikuti pelatihan Barista Kopi yang diselenggarakan Kemnaker.

“Terimakasih kepada PP Ansor dan Kemnaker yang memberi kesempatan kami mengirimkan dua orang kader pada pelatihan Barista tahun ini. Ini hasil kerja mereka. Saya berharap tahun depan ada kesempatan lagi untuk mengikutkan lebih banyak kader Ansor dan Banser. Saya berharap ini akan menjadi salah satu cara membangun kemandirinan ekonomi organisasi Ansor”, harapnya.

Menanggapi permintaan Ansor, Menaker M. Hanif Dhakiri yang dihubungi melalui saluran telpon, menyampaikan tanggapannya secara positif. Menteri yang juga piawai mencipta dan menyanyikan berbagai genre lagu itu setuju dengan harapan para barista Ansor bisa bersaing di level internasional.

“Selama mendatangkan manfaat bagi peningkatan produktifitas kader-kader Ansor dan Banser, kerjasama ini pasti akan dilanjutkan. Kita tidak hanya pengen merebut pasar kerja dalam negeri, lebih dari itu, para Barista Ansor saya harapkan bisa menguasai pasar kerja internasional di berbagai negara," harapnya.

 

TAGS : Info Ketenagakerjaan Menaker Hanif Dhakiri




TERPOPULER :