Minggu, 23/09/2018 20:50 WIB

Venezuela, Negeri Minyak yang Terancam "Bangkrut"

Perlu diketahui, saat Venezuela berada dalam krisis kemanusiaan, dengan orang-orang yang kekurangan makanan dan obat-obatan.

Kilang minyak di Arab, Timur Tengah

Jakarta - Venezuela yang merupakan satu negara kaya minyak, kini sedang mengalami beragam krisis. Tak hanya soal utang luar negeri, negeri ini juga alami guncangan krisis kemanusiaan.

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro menyatakan, pemerintahannya tak bsa membayar seluruh utangnya. Dan dia menyatakan perusahaan minyak negaranya akan meminta restrukturisasi terhadap pembayaran utang.

Belum lama ini, Maduro mengatakan, telah melakukan pembayaran utang U$ 1,1 miliar. Bagi negaranya, angka itu sangat besar untuk pemerintahannya yang hanya punya dana US$10 miliar di bank.

"Tapi setelah pembayaran ini, mulai hari ini, saya memutuskan refinancing dan restrukturisasi utang luar negeri," kata Maduro.

Perlu diketahui, saat Venezuela berada dalam krisis kemanusiaan, dengan orang-orang yang kekurangan makanan dan obat-obatan. Rakyatnya tidak mampu membeli barang-barang dasar karena mahal.

Apabila Pemerintahan  Maduro tidak dapat mencapai kesepakatan baru dengan pemegang obligasi mengenai restrukturisasi, maka negara tersebut akan berakhir secara default. Dan itu akan akan memicu serangkaian peristiwa yang berpotensi lebih buruk. CNN

TAGS : Krisis Timur Tengah Venezuela




TERPOPULER :