Sabtu, 20/04/2024 13:41 WIB

1.501 Perusahaan Hengkang dari Catalonia

Sejak awal Oktober ini perusahaan memutuskan meninggalkan Catalonia, sementara pada Selasa (24/10), 107 perusahaan memutuskan untuk memindahkan markas mereka dari Catalonia ke tempat lain.

Warga Catalan berkumpul di Plaza Catalunya setelah pemungutan suara berakhir di Barcelona, Spanyol 1 Oktober 2017 (Foto: Susana Vera / Reuters)

Madrid - Terjadi kekhawatiran di tengah perdebatan kemerdekaan Catalonia, wilayah Spanyol timur laut,  lebih dari 1.501 perusahaan meninggalkan daerah tersebut.

Dikabarkan dari College of Mercantile Registers of Spain,  sejak awal Oktober ini perusahaan memutuskan meninggalkan Catalonia, sementara pada Selasa (24/10), 107 perusahaan memutuskan untuk memindahkan markas mereka dari Catalonia ke tempat lain.

Peristiwa ini sebagai tanggapan atas kekhawatiran akan deklarasi kemerdekaan sepihak, setelah wilayah tersebut mengadakan referendum penentuan nasib sendiri pada 1 Oktober lalu. Referendum tersebut dinyatakan tidak sah oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol, karena melanggar konstitusi Spanyol.

Pemerintah Spanyol mengeluarkan sebuah keputusan setelah referendum yang membuat perusahaan-perusahaan meninggalkan Catalonia dan memindahkan markas mereka ke tempat lain di Spanyol, karena keputusan tersebut tidak perlu disahkan oleh rapat pemegang saham, kecuali undang-undang perusahaan tersebut mengatakan hal yang sebaliknya.

KEYWORD :

Catalonia Tuntutan Merdeka Spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :