Jum'at, 21/09/2018 21:19 WIB

Tips Mencegah Ejakulasi Dini Saat Bercinta

Seringkali kehidupan berumah tangga dan seks berubah drastis gegara ejakulasi dini.

Baik pria atau wanita masing-masing berpotensi memiliki masalah seksual (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jakarta – Ejakulasi dini atau premature ejaculation merupakan kondisi yang paling sering dialami oleh pria. Bahkan, tak jarang permainan di ranjang berakhir buruk gegara persoalan yang satu ini.

Apa sih ejakulasi dini? Ejakulasi dini adalah lelaki berejakulasi atau mengeluarkan sperma terlalu cepat. Entah itu sebelum melakukan hubungan seks, atau tak lama setelah melakukan penetrasi seksual ke dalam organ intim wanita.

Jika pria normal biasanya baru berjakulasi lebih dari tujuh menit, mereka yang bermasalah dengan ejakulasi hanya mampu bertahan selama dua menit. Padahal, menurut penelitian Journal of Sexual Medicine, rata-rata wanita menginginkan pria bisa bertahan selama 23 menit.

Apa penyebab ejakulasi dini? Dikutip dari Daily Star, Dr Clare Morrison mengatakan ejakulasi dini pada dasarnya terdapat dua macam, yaitu ejakulasi dini seumur hidup dan ejakulasi dalam waktu tertentu. Khusus untuk jenis yang kedua, bisa disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya tekanan darah tinggi, diabetes, hingga gangguan mental seperti stres.

Ejakulasi dini berpotensi besar merusak kehidupan dan seks seseorang,” kata Dr Clare.

Lalu, apa cara singkat dan efektif untuk mencegah ejakulasi?

  1. Berhenti sebentar atau jeda

Saat kamu sudah merasa akan berejakulasi, tahan sebentar, dan hentikan permainan sesaat. Jeda selama 30-60 detik sudah bisa membuat kamu ‘hidup’ kembali. Cara ini terbukti efektif jika dilakukan berulang-ulang.

  1. Gunakan kondom yang lebih tebal

Kondom tebal yang berlabel ‘extra safe’ dapat mengurangi sensitivitas pada Mr. P kamu, sehingga tidak mempercepat proses ejakulasi.

  1. Tarik nafas panjang

Tips lain yang bisa membantu mencegah ejakulasi dini adalah dengan menarik nafas panjang. Cara ini bisa menunda orgasme dan memperlambat rangsangan ke bawah. Menarik nafas dalam-dalam juga bisa membuat kamu lebih tenang dan tidak gugup.

  1. Lepaskan pikiran

Jangan biarkan pikiran membelenggu kamu saat sedang bercinta. Lepaskan. Gangguan mental seperti stres atau depresi biasanya akan membuat kamu mengalami ejakulasi dini.

TAGS : Ejakulasi dini seks kesehatan




TERPOPULER :