Rabu, 17/04/2024 00:06 WIB

Ini Surat "Curhat" Obama Muda Soal Indonesia

Indonesia kemudian menjadi bagian dari kehidupan Obama karena setelah berpisah, ibunya menikah dengan pria Indonesia.

Cover utama situs Emory University

Jakarta - Kumpulan surat-surat curahan hati  mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang tersimpan di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat,  akhirnya secara resmi diungkap ke publik.

Surat-surat itu yang dikirim kepada rekan perempuan, Alexandra MCNear,  kebanyakan bercerita tentang perjalanan hidup Obama. Dari menceritakan tentang kehidupan orang tua, saudara, hingga tentang Indonesia.

Dari foto surat yang dipublikasikan Emory University, terlihat salah satu surat itu tertanggal 14 April dan dari stempel pos tercetak tahun 1984. Obama menyebut nama Alexandra dengan menulisnya: "Dear Alex".

Surat cinta kepada pacarnya saat itu, Alexandra Mcner dalam kurung waktu dua tahun (1982-1984) saat ia dipindahkan dari California Occidental College ke Columbia University di New York tersimpan di beberapa perpustakaan Amerika.

Menariknya dalam beberapa isi suratnya, Obama menuliskan tentang pengalaman hidupnya saat mendapat perlakuan tidak menyenangkan saat menyambangi Indonesia. Obama menuliskan, akan berkunjung selama dua bulan ke Indonesia dan Hawai. Kemudian akan berada di Los Angeles pada akhir Mei. "Jadi saya bisa lebih memahami saat-saat makan malam," tulis Obama.

Pada 27 Juni 1983, Obama kembali mengirimkan surat pendek kepada Alexandra.  Tulisan itu bagian curahan hati Obama di Indonesia, tentang kelas dan ras yang dianggapnya semakin rumit oleh identitas nasional.  

Saat mengunjungi ibu dan saudara perempuannya di Indonesia, Obama menanyakan apa yang dikerjakan di Jawa. Namun melihat kondisi Indonesia, Obama sebagai anak muda memastikan bahwa dirinya tidak akan cocok di sana (Indonesia,red).

Seperti yang tertuang dalam surat tertanggal 27 Juni 1983, Obama muda menulis tentang pergulatan identitas sebagai seseorang yang terlahir dari ibu yang lahir di Kansas, Amerika, dan bapak dari Kenya.

Indonesia kemudian menjadi bagian dari kehidupan Obama karena setelah berpisah, ibunya menikah dengan pria Indonesia. Ketika kecil, Obama sempat menetap di Jakarta pada akhir 1960-an.

Meski Indonesia pernah menjadi bagian dari hidupnya saat masih kecil, ketika usianya menginjak 20-an tahun, ia merasa tak bisa menyebut dirinya sebagai bagian sepenuhnya dari Indonesia. "Saya tidak bisa lagi berbicara bahasa dengan baik," katanya pada McNear.

"Saya diperlakukan berbeda, dikucilkan,  dan dicemooh karena saya orang Amerika. Saya mengambil uang dan tiket pesawat saya kembali ke AS untuk mengatasi kegelapan saya. Saya melihat jalan redup tua, rumah-rumah reyot yang berkelok-kelok kembali ke ladang, rute lama dari saya, rute yang tidak lagi saya akses," tulis Obama dalam suratnya.

Merasa tak nyaman dan cemoohan, mantan Presiden Amerika Serikat memutuskan meninggalkan Indonesia ke Honuhulu untuk tinggal bersama kakek dari pihak ibu.

Obama lahir 4 Agustus 1961yang memiliki ibu dari Kansas dan ayah berasal dari Kenya. Ibu dan ayahnya bercerai saat Obama berusia dua tahun. Pada tahun 1965, ibunya menikahi seorang pria dari Indonesia yang juga seorang pelajar di University of Hawaii dan memutuskan pindah ke Indonesia.

Serangkaian surat yang ditulis oleh Barack Obama kepada pacarnya saat itu, Alexandra McNear, sekarang merupakan bagian dari koleksi Emory`s Stuart A. Rose Manuscript, Archives and Rare Book Library, yang tersedia untuk para ilmuwan dan mahasiswa. Akan ada kesempatan untuk melihat surat asli tersebuy pada Jumat, 20 Oktober, dari pukul 14.00 - 16.00 di Woodruff Commons dari Perpustakaan Mawar.

KEYWORD :

Surat Cinta Barack Obama Presiden Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :