Jum'at, 19/04/2024 14:12 WIB

Bingung Ganjil Genap di Jakarta? Waze Siapkan Solusinya

Dengan bantuan map editor lokal dan data dari Dinas Perhubungan serta Jakarta Smart City, fitur untuk menghindari simpang yang sedang dilakukan pekerjaan konstruksi.

Pengguna Aplikasi Navigasi, Waze

Jakarta - Salah satu mengurangi kemacetan di Jakarta, aplikas Waze akan meluncurkan fitur navigasi yang terkonekting dengan kebijakan ganjil-genap yang diberlakukan di beberapa ruas jalan Jakarta.

Fitur yang terbangun atas kerja sama Waze dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta ini, dirancang khusus agar masyarakat bisa diberikan arahan jalur ganjil atau genap dan alternatifnya.

"Kerja sama dengan Waze itu merupakan salah satu upaya kami untuk mengurangi tingkat kemacetan di wilayah ibukota," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Jakarta, Kamis.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna Waze dapat masuk ke menu "setting", lalu ke menu "navigasi", lalu pilih "licence plate restriction" dan masukan dua digit (angka) terakhir nomor plat kendaraan pengguna. Maka secara otomatis Waze akan me-rerouting dan memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi Ganjil Genap tersebut.

"Dari seluruh aplikasi Waze di dunia, hanya di Jakarta dan Brazil yang saat ini sudah diberikan penambahan fitur pembatasan lalu lintas dengan aturan ganjil genap itu," ujar Andri.

Selain itu, dengan bantuan map editor lokal dan data dari Dinas Perhubungan serta Jakarta Smart City, fitur untuk menghindari simpang yang sedang dilakukan pekerjaan konstruksi dan tidak bersinyal juga sudah dapat diaktifkan.

Tak hanya itu saja, aplikasi Waze untuk wilayah DKI Jakarta juga sudah ditambahkan lokasi parkir off street yang tersedia di dekat lokasi tujuan pengguna jalan.

KEYWORD :

Kemacetan Jakarta Waze Aplikasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :