Kamis, 25/04/2024 19:19 WIB

Kucing Ancam Populasi Burung di Australia

Setiap hari, lebih dari satu juta burung mati akibat dimakan kucing.

Kucing di dalam kandang (Sky News)

Darwin – Populasi burung di Australia terancam. Berdasarkan data terbaru disebutkan bahwa dalam satu hari, lebih dari satu juta burung mati menjadi mangsa kucing, baik kucing liar maupun peliharaan.

Sementara itu studi di Jurnal Biological Conservation menemukan 300 juta burung mati dalam setahun. Artinya setiap tahun Australia kehilangan empat persen dari total 11 miliar populasi burung asli mereka.

“Angka ini lebih rendah ketimbang Amerika Serikat, yang kehilangan 2,4 miliar burung setiap tahun, karena dimangsa kucing,” tulis NY Daily News, Jumat (6/10).

Meski demikian, ilmuwan khawatir 71 spesies burung saat ini berada di ambang kepunahan. Bahkan di negara bagian Australia, kucing patut disalahkan atas punahnya 33 spesies burung.

Sebenarnya pemerintah Australia sudah mengeluarkan lebih dari 23 juta dolar atau Rp310 miliar untuk mengurangi populasi kucing. Termasuk di antaranya membangun zona bebas kucing, supaya burung-burung asli Australia dapat hidup tanpa terancam oleh kucing.

Perlu diketahui, akibat populasi meledak, beberapa jenis hewan menjadi ancaman di Australia, bahkan tak jarang menyerang manusia. Antara lain kelinci, kangguru, hingga burung mur.

KEYWORD :

Kucing Burung Lingkungan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :