Kamis, 18/04/2024 10:37 WIB

Bukan Fiksi, 4 Penemuan Medis Super Canggih Ini Ternyata Ada

Beberapa peralatan medis yang jika diperhatikan sekilas, tampaknya hanya ada di dalam film-film fiksi belaka.

Ilustrasi sains (foto: Forbes)

Jakarta – Perkembangan teknologi dan sains terus melesat. Dari hari ke hari, ada saja penemuan hebat yang diteliti untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Di bawah ini, terdapat beberapa peralatan medis yang jika diperhatikan sekilas, tampaknya hanya ada di dalam film-film fiksi belaka. Akan tetapi, benar-benar nyata lho. Apa saja?

  1. Nanochip untuk menyembuhkan luka di kulit dengan instan

Coba bayangkan kamu sedang luka, lalu hanya dengan sebuah sentuhan nanochip, luka di kulit itu akan sembuh dengan sendirinya secara cepat.

Yaps, sebuah penemuan disebut Tisuue Nanotransfection (TNT) merupakan peralatan yang diilhami dari fiksi ilmiah. Cara kerjanya, chip nanotech ini ditempelkan ke kulit untuk memberikan instruksi kepada sel-sel kulit, supaya melakukan pemrograman ulang. Kemudian, instruksi biologis itu akan mengirim sinyal kepada sel untuk membuat lapisan kulit baru.

Dikutip dari Forbes, penelitian ini sudah dipraktikkan lewat babi dan tikus, dan berhasil. Selanjutnya akan direncakan uji coba untuk manusia.

  1. Microneedle, chip pembakar lemak

Manusia menyimpan lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih untuk energi jangka panjang, dan lemak coklat untuk pembakaran. Saat manusia dewasa, kebanyakan lemak putih yang tetap bertahan.

Nah, sebuah teknologi bernama patch microneedle mampu mengurangi lemak di tubuh manusia. Microneedle berupa cairan oles, di mana patch tersebut melepaskan nanopartikel untuk melarutkan lemak putih menjadi lemak coklat secara perlahan-lahan.

Dalam sebuah penelitian di ACS Nano dengan menggunakan tikus sebagai objek, ditemukan bahwa alat ini mampu mengurangi 20 persen lemak di daerah yang dioles, serta menurunkan kadar glukosa darah.

  1. Alat pembuat musik melalui otak

Sebuah alat bernama Brain-Computer Interfaces (BCI) memungkinkan seseorang menulis lagu tanpa menggunakan tangan, melainkan hanya memakai otak saja. Cara kerjanya, BCI membaca gelombang otak yang diteruskan oleh perangkat eksternal. Tidak hanya menulis musik, kemungkinan dengan alat ini manusia bisa menulis tanpa bergerak.

  1. Pulpen pendeteksi kanker

Hambatan utama dalam pengobatan kanker adalah, bila mengangkat terlalu sedikit, akan menyebabkan kambuh, akan tetapi bila terlalu banyak akan berdampak buruk pada kesehatan.

Ilmuwan University of Texas di Austin menemukan alat yang diberinama MasSpec Pen untuk membedakan kanker dan daging sehat. MasSpec Pen berkerja dengan membandingkan molekul tertentu yang disebut metabolit, yang diproduksi oleh sel jaringan. Metabolik yang diproduksi oleh sel kanker berbeda dari yang sehat.

KEYWORD :

Sains Tekno Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :