Kamis, 18/04/2024 11:12 WIB

Internasional

Dari Peristiwa Bersejarah hingga Eskalator Emas Raja Saudi Rusak

Ada penampakan menarik pehatian dalam kunjungan bersejarah Raja Salman Abdulaziz Al-Saud ke Rusia

Raja Salman, duduk di sebelah Putin, dalam kunjungan resmi pertama Rusia ke Arab Saudi (Foto: Alexey Nikolsky / AFP)

Jakarta - Ada penampakan menarik pehatian dalam kunjungan bersejarah Raja Salman Abdulaziz Al-Saud ke Rusia pada Rabu (4/10). Kunjungan yang dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan pejabat tinggi lainnya dalam membahas isu- isu regional dan regional.

Saat tiba di Moskow, Raja Salman didampingi pengawalnya pribadinya lekas turun dari pesawat menggunakan eskalator emasnnya, namun ditengah perjalan eskalator tersebut tiba-tiba berhenti, akhirnya Salman dan pengawalnya pun harus berjalan kaki seperti menuruni tangga biasa.

Peristiwa itu berhasil tertangkap oleh kamera saat sejumlah pejabat Rusia sedang menyambutnya. Kunjungan Salman ke Moskow merupakan peristiwa berjerah, sebab merupakan kunjungan resmi pertama yang dilakukan oleh raja Saudi dalam sejarah hubungan bilateral kedua negara tersebut.

Dalam kunjungan tersebut Pemerintah Arab Saudi berhasil menandatangani perjanjian awal untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia, di sela-sela kunjungan Raja Salman ke Moskow.

Kesepakatan yang diumumkan pada Kamis itu, tak hanya kesepatakan S-400, Arab Saudi juga berencana membeli sistem peluru kendali anti-tank Kornet dan beberapa peluncur roket di bawah kesepakatan

"Kesepakatan ini diharapkan dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan industri sistem militer dan militer di Arab Saudi," kata pihak Industri Militer Arab Saudi (SAMI).

Raja Salman memimpin delegasi ke Moskow yang juga menyetujui kesepakatan investasi bersama senilai beberapa miliar dolar, memberikan dorongan finansial yang sangat dibutuhkan bagi ekonomi Rusia yang dipukul oleh harga minyak yang rendah dan sanksi Barat. 

KEYWORD :

Arab Saudi Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :