Kamis, 18/04/2024 13:48 WIB

StandChard Dorong Warga Rusunawa Kelola Keuangan Dengan Baik

Dua kegiatan diantaranya pendidikan finansial bagi ibu-ibu dan program GOAL bagi remaja putri dengan metode belajar sambil bermain. Dalam melaksanakan kegiatannya, Bank menggandeng Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI). 

StandChard Bersama para penghuni Rusunawa

Jakarta - Standard Chartered Bank (StanChard) membantu masyarakat dalam meningkatkan kesadaran untuk mengelola keuangan dengan menyelenggarakan pelatihan finansial kepada ibu-ibu dan para putri usia 12-20 tahun melalui dua program yang berbeda. 

Dua kegiatan diantaranya pendidikan finansial bagi ibu-ibu dan program GOAL bagi remaja putri dengan metode belajar sambil bermain. Dalam melaksanakan kegiatannya, Bank menggandeng Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI). 

Dody Rochadi, Head of Corporate Affairs, Standard Chartered Bank Indonesia mengungkapkan bahwa pentingnya memunculkan kesadaran dalam dir masayarakat khususnya kaum wanita dalam mengelola keuangan rumah tangga. 

“Seluruh masyarakat Indonesia, tanpa melihat latar belakang dan kondisi ekonomi, wajib melek finansial. Untuk itu, kami sepenuhnya mendukung program inklusi keuangan pemerintah.” ungkap Dodi dalam acara konferensi pers, Sabtu (30/9/2017) di Rusunawa Jakarta. 

Menurut Dodi, sebagian besar para ibu-ibu sangat jarang memiliki kelihaian dalam mengelola keuangan rumah tangganya lantaran kurangnya kesadaran yang dimiliki khususnya membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sehingga materi yang diberikan kepada peserta terkait hal seperti itu. 

"Materi yabg diberikan sangat simpel contohnya membedakan antara kebutuhan dan keinginan, cara membuat anggaran keuangan (pengeluaran tiap bulan). Pasalnya mereka tidak memiliki kebiasaan untuk mencatat anggaran keuangan setiap bulannya," ujar Dodi. 

Senada dengan Dodi, Direktur Yayasan Mitra Mandiri Indonesia, Gino Latief mengungkapkan bahwa program tersebut sangat bagus lantaran mengembangkan empat kemampuan (Be money safety, be confident, be yourself, be enpower) yang memang harus dimiliki seorang perempuan, apalagi seorang wanita yang telah memiliki rumah tangga. 

"Program ini memang beda karena fokusnya mengembangkan empat karakter yang dimiliki oleh para perempuan. Mereka disiapkan untuk menjadi leader dalam keluarga. Ini menjadi aset untuk perempuan lebih baik lagi," kata Gino.  

Kegiatan tersebut akan terus berlanjut dengan manergetkan 1500 peserta, yang mengambil sampel dari 10 sekolah di area Jakarta. 

 

 

KEYWORD :

Standard Chartered Rusunawa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :