Jum'at, 19/04/2024 07:05 WIB

Permudah Pelaku Ekonomi Kreatif, BEKRAF Buka Website Satu Pintu

BEKRAF  menargetkan kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB menjadi 12% pada 2019 dari sebelumnya 7,8% pada 2015, serta jumlah penyerapan tenaga kerja mencapai 17 juta jiwa. 

Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ricky Joseph Pesik (ketiga dari kiri) didampingi oleh Deputi 6 Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Daerah, Endah Sulistianti (kanan) serta para penerima manfaat program Bekraf Satu Pintu di Jakarta, 26 September 2017.  

Jakarta – Guna memberi peluang dan kemudahan kepada pelaku ekonomi kreatif untuk mengajukan proposal bantuan,   Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) membuka layanan  website satu pintu. Pengajuan proposal melalui website ini dapat dilakukan mulai 1 Oktober 2017 untuk proposal bantuan tahun depan.

BEKRAF  satu pintu merupakan akselerasi pengembangan pelaku ekonomi kreatif berupa pembinaan dan bantuan baik berbentuk bantuan operasional, maupun sarana-prasarana.  "Kenapa ada program pelayanan satu pintu? Yang perlu dijelaskan cukup sederhana ada satu pintu karena ada induknya yakni Instruksi Presiden yang mana seperti PTSP tapi karena ini tak soal izin investasi, tak disatukan di BKPM," ujar Wakil Ketua BEKRAF  Ricky Joseph Pesik di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi kreatif terus menunjukkan tren pertumbuhan ekonomi positif dengan rata-rata tumbuh 5%-7% per tahun. BEKRAF  menargetkan kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB menjadi 12% pada 2019 dari sebelumnya 7,8% pada 2015, serta jumlah penyerapan tenaga kerja mencapai 17 juta jiwa. 

Satu pintu merupakan program kurasi dalam hal fasilitasi bantuan BEKRAF untuk para pelaku dalam ekosistem ekonomi kreatif. Satu Pintu berbasis teknologi informasi baik website atau digital yang sudah terintegrasi, yaitu keterpaduan penyaluran bantuan di lingkungan BEKRAF  dalam rangka pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan. 

BEKRAF  satu pintu diharapkan dapat mempercepat pengembangan sektor ekonomi kreatif yang dapat menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Sejak Januari hingga Agustus 2017 proposal yang masuk dalam pengajuan bantuan kegiatan ekonomi kreatif mencapai 952 proposal. 

Hingga saat ini telah lebih dari 90 kegiatan didukung BEKRAF. "Sekarang perlu otomatisasi, online agar makin transparan. Jadi, semua punya kesempatan sama untuk diterima dan ditolak," tambah Ricky

Deputi 6 Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Daerah, Endah Sulistianti menambahkan, launching layanan satu pintu ini sekaligus untuk menerima anggaran 2018. Sebab, pengajuan proposal untuk tahun 2017 sudah ditutup. “Dengan adanya program ini, perkembangan proposal yang diajukan menjadi jelas diterima atau ditolaknya, selain mempermudah pengajuannya,” kata dia.

KEYWORD :

BEKRAF website satu pintu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :