Jum'at, 19/04/2024 23:00 WIB

Adrianus Garu Membuka Kemah Sosialisasi Empat Pilar di Ungaran, Jawa Tengah

Lebih lanjut, Adrianus menegaskan dengan kemajuan teknologi dan tantangan yang begitu besar, tindakan nyata Pramuka menjadi prinsip utama

Kemah Sosialisasi Empat Pilar MPRRI

Jakarta - Anggota Badan Sosialiasi MPRAdrianus Garu, mewakili pimpinan MPR RI  membuka secara resmi Kemah Sosialisasi Empat Pilar MPR di Balemong Resort, Ungaran, Jawa Tengah, Jumat sore (22/9/2017). Peresmian pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Adrianus Garu yang juga anggota MPR dari Kelompok DPD RI ini.

Adrianus dalam sambutannya menyatakan, Pramuka adalah pilar keempat dalam rangka mengawal NKRI.

“Ini bukan sekedar semboyan. Karena saya lihat semangat pada generasi muda kita pada sore hari ini luar biasa,” ujar Adrianus di acara Kemah Sosialisasi Empat Pilar MPR di Balemong Resort, Ungaran, Jawa Tengah, Jumat sore (22/9/2017).

Tentunya, kata anggota DPD asal NTT ini, jiwa-jiwa patriot yang sudah ditanamkan oleh leluluhur bangsa Indonesia kepada generasi muda tidak hanya sampai di Jawa Tengah. Ia meyaniki semangat yang sama juga akan berkobar dari Sabang sampai Merauke.

Lebih lanjut, Adrianus menegaskan dengan kemajuan teknologi dan tantangan yang begitu besar, tindakan nyata Pramuka menjadi prinsip utama. Menurutnya, tidak cukup dihadapi dengan senyum dan bersapa.

"Tetapi kita harus berbuat," ucapnya.

Di tengah isu dan badai-badai yang diciptakan segelintir kelompok yang ingn merongrong negara ini, tandas Adrianus, adalah menjadi kewajiban kita untuk menghadapinya. Dan pramuka, kata dia, berada di garda terdepan.

"Apalagi pramuka bukan organisasi baru di Indonesia, dan kita punya kewajiban yang sama sebagai anak bangsa untuk mengawal NKRI harga mati, dan Pancasila sebagai ideologi bangsa," tuturnya.

Dia berharap bukan hanya 200 orang anggota pramuka Penegak yang terlibat diacara tersebut, melainkan 200 ribu pramuka di seluruh Indonesia layak mengawal NKRI ini. Ia menegaskan pramuka harus menjaga Republik Indonesia dari gangguan yang datang dari manapun.

"Karena Pramuka selalu siap, baik di tengah badai, hujan, dingin, panas, dan selalu hadir dimana ada bencana. Pramuka adalah sahabat masyarakat Indonesia," kata dia.

Selanjutnya, Tugiyana selaku ketua penyelenggara kegiatan Kemah Sosialisasi Empat Pilar ini menyatakan, kegiatan Sosialisasi Empat Pilar adalah hal yang substansial dalam berbangsa dan bernegara dan dibutuhkan oleh generasi muda. Oleh karena itu, Tugiyana berharap, apa yang diperolehnya para peserta selama mengikuti kemah ini dapat ditularkan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

"Agar Empat Pilar ini dapat dipahami oleh masyarakat yang lebih luas lagi," tandasnya.

Seperti diketahui, pada acara tersebut Adrianus didampingi oleh Kepala Biro Persidangan dan Sosialiasi Setjen MPR  Tugiyana, SIP, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka bidang Bina Muda, Prof. Dr. Ir. Slamet Budi Prayitno, MSc., Wakil Ketua Kwarda Jawa Tengah Drs. Hernowo Budi Luhur, SE., MSi., Andalan Nasional bidang Bina Muda KH. Mardani Zuhri, dan Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah.

Dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang wakil peserta oleh Adrianus Garu, maka 200 peserta yang berasal dari anggota pramuka Kwarda Gerakan Pramuka Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, akan mengikuti seluruh kegiatan baik indoor maupun outdoor untuk selama tiga hari ke depan, sampai hari Minggu (24/9/207).

Menurut Kepala Biro Persidangan dan Sosialisasi Tugiyana, Kegiatan Kemah Soliasasi Empat Pilar sebagai salah satu metode sosialiasi dan telah diselenggarakan sejak tiga tahun lalu pada tahun 2015. Dan Kemah Sosialisasi Empat Pilar di Jawa Tengah tersebut untuk pertama kalinya pada 2017.

KEYWORD :

MPR Adrianus Garu Sosialisasi Empat Pilar MPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :