Kamis, 18/04/2024 16:19 WIB

Agar Tidak Malas, Ini Cara Mujarab Mengatasinya

Jika Anda ingin menghilangkan rasa malas di dalam diri, Anda dapat melakukan beberapa cara seperti rajin berolahraga dan meningkatkan semangat diri.

Ilustrasi rasa malas

Jakarta - Semua orang pasti punya rasa malas pada saat-saat tertentu. Jika Anda malas, akan membuat susah untuk hal yang  diinginkan dalam hidup. Kemalasan akan membuat Anda selalu menunda-nunda dan  hasilnya pun tidak akan maksimal. Tentu saja rasa malas haruslah dihilangkan.

Jika Anda ingin menghilangkan rasa malas di dalam diri, Anda dapat melakukan beberapa cara seperti rajin berolahraga dan meningkatkan semangat diri. Namun Anda juga dapat melakukan beberapa cara, sebagaimana dilansir pada Life Hacker sebagai berikut:

Memulai secara perlahan layaknya bayi
Apabila Anda merasa malas melakukan sesuatu hal, seperti malas mandi, makan, ataupun olahraga, maka Anda dapat melakukan hal itu secara perlahan layaknya seorang bayi yang secara pelan-pelan belajar untuk bergerak atau berjalan. Misalnya jika Anda malas untuk berolahraga berjam-jam, maka Anda bisa memulainya secara perlahan, seperti berolahraga dalam waktu kurang dari satu jam sebagai permulaan.

Fokus pada apa yang Anda sedang dilakukan
Fokus pada apa yang sedang Anda lakukan akan membuat Anda terhindar dari rasa malas. Contohnya, ketika Anda melakukan suatu pekerjaan, maka hindari untuk fokus kepada hal lain, seperti smartphone untuk memainkan media social, karena hal ini akan membuat Anda malas melakukan pekerjaan Anda yang seharusnya.

Istirahat yang cukup
Salah satu faktor yang membuat Anda terkadang malas melakukan sesuatu yaitu rasa lelah. Ketika Anda merasa lelah, maka Anda akan malas untuk menggerakkan badan, dan akhirnya tak mau melakukan sesuatu. Oleh karena itu, cobalah untuk beristirahat sementara waktu untuk memulihkan kembali energi Anda, agar dapat beraktivitas kembali dengan semangat.

Hidup teratur
Kadang Anda merasa malas diakibatkan karena hidup Anda yang tidak teratur atau kacau. Dengan demikian untuk menghilangkan hal tersebut, buatlah hidup Anda menjadi teratur dengan cara membuat jadwal harian atau mingguan, seperti mengatur kapan waktu istirahat, makan, bekerja dan hal-hal lain yang mungkin Anda kerjaan. Melalui cara tersebut Anda dijamin akan terjauhkan dari rasa mala situ.

Luangkan waktu bersama orang lain
Sering-seringlah bersama dengan orang-orang yang dapat memberikan Anda motivasi dan semangat hidup. Itu akan membantu Anda membuang jauh rasa malas. Akan tetapi, hindarilah bergaul dengan orang-orang malas, karena itu akan membuat Anda menjadi seperti mereka. Bergaul dengan para pemalas akan memberikan pengaruh buruk kepada Anda. Oleh karena itu, luangkanlah waktu bersama orang-orang yang memberikan pengaruh positif pada hidup Anda.

Paksakan diri
Terkadang Anda juga harus memaksakan diri untuk melakukan sesuatu, walaupun awalnya Anda sangat malas melakukan hal tersebut. Dengan memaksakan diri, maka Anda harus mencoba meruntuhkan rasa malas itu, karena rasa malas haruslah dilawan, bukan malah dipelihara di dalam diri Anda hingga beranak pinak menjadi penyakit.

KEYWORD :

Rasa Malas Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :