Senin, 25/09/2017 05:53 WIB

Indonesa dan Timor Leste Sepakat Selesaikan Konflik Perbatasan

Dengan disepakati kembali komitmen ini,  sengketa di wilayah Noelbesi-Citrana dapat segera tuntas tanpa menimbulkan ketegangan di antara kedua negara.

Menko Polhukam, Wiranto

Jakarta - Indonesia dan Timor Leste akan kembali melanjutkan komitmen menyelesaikan masalah wilayah perbatasan di Noelbesi dengan Citrana, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.  "Sengketa masih ada di sana, tapi bukan berarti tidak bisa diselesaikan," ujarnya.

Dikatakan Wiranto, masalah itu sudah dibahas pada pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta Kepala Negosiator Perbatasan Maritim Timor Leste Xanana Gusmao di Jakarta, Selasa (12/9).

Sebenarnya kedua negara sudah  mencapai  kesepakatan bersama, yakni kedua negara akan meneruskan pembentukan Senior Official Consultation (SOC) terkait penyelesaian sengketa di tapal batas itu.

"Pada pertemuan tersebut, sudah diputuskan bahwa akan ada pembentukan SOC yang direncanakan bekerja pada Maret 2017," ujar Wiranto.

Namun, pihak Timor Leste meminta waktu hingga Juli 2017, untuk mengurus persoalan demokrasi dalam negeri mereka terlebih dahulu, sehingga pembentukan organisasi dan negosiasi mengenai perbatasan sempat terhenti.

"Kemarin sempat terganggu penyelesaiannya karena ada pemilu, sekarang sudah selesai dan kita lanjutkan lagi," ujar Wiranto.

Dengan disepakati kembali komitmen ini, Menko Polhukam berharap sengketa di wilayah Noelbesi-Citrana dapat segera tuntas tanpa menimbulkan ketegangan di antara kedua negara.

"Sengketa ini harus diselesaikan dengan cara baik, mudah-mudahan cepat selesai," kata Wiranto. (Ant)

TAGS : Sengketa Perbatasan Timor Leste Wiranto




TERPOPULER :

TERKINI

Dwayne "The Rock" Jadi Artis Terpopuler se-Jagat Medsos

Penghargaan ini merupakan kalkuasi data yang diperoleh da...

Kloop: Liverpool Bukan Penghibur

Anak asuh Jurgenn Kloop berhasil mengalahkan Leicester Ci...

Rumah Dinas Pemda Intan Jaya Dibakar Massa

Supri menginformasikan pihaknya juga telah berhasil menga...

Gelar Syukuran Ultah, Cak Imin Luncurkan Dua Buku Sekaligus

Dua buku terbaru karya cak Imin masing-masing berjudul "K...

Pebalap Spanyol Jadi Raja di Sirkuit Aragon

Pebalap Repsol Honda, Marquez tampil sebagai pemenang di ...